Yuk Ketahui 11 Berkas yang Tidak Boleh Ketinggalan Saat Melamar Pekerjaan

  • Bagikan
Ilustrasi (Foto: Dok SK)

SULTRAKINI.COM: Berkas lamaran kerja merupakan hal terpenting yang harus dipersiapkan bagi para pencari kerja. Sebab dokumen ini memuat segala macam berkas persyaratan yang menjadi pertimbangan diterimanya kamu di sebuah perusahaan. Untuk itulah perlu perhatian khusus sebelum memasukan dokumen tersebut khususnya persoalan kelengkapannya.

Melengkapi berkas lamaran kerja menjadi salah satu awal baik bagi kamu yang ingin mendapatkan pekerjaan impian. Berkas lamaran kerja yang lengkap akan memudahkan tim HR dalam melakukan seleksi calon pegawai baru. Tentu kamu berharap menjadi salah satu yang diterima perusahaan.

Nah, berkas lamaran kerja tersebut bisa kamu persiapkan jauh-jauh hari agar bisa sukses diterima di perusahaan impian.

Berikut sebelas contoh berkas lamaran kerja yang umumnya dibutuhkan sebuah perusahaan.

  1. Surat lamaran kerja (cover letter).

Surat lamaran kerja adalah surat permohonan yang dituliskan para pencari kerja atau job seeker untuk bekerja di suatu instansi atau perusahaan. Surat lamaran kerja sebaiknya ditulis secara resmi dengan bahasa formal.

  1. Daftar riwayat hidup (CV)

Curriculum Vitae (CV) adalah daftar riwayat hidup pelamar kerja mulai dari riwayat pendidikan, prestasi pernah diraih, keahlian atau keterampilan, pengalaman organisasi, dan pegalaman kerja. CV menjadi salah satu persyaratan lamaran kerja yang paling penting.

Baca:   5 Negara Asia Ini Dikenal Punya Banyak Wanita Cantik
  1. Portofolio

Portofolio biasanya berisi karya atau pencapaian yang pernah dilakukan seorang job seeker.

  1. Ijazah dan transkrip nilai

Berkas ini diperlukan sebagai bukti kamu menempuh tingkat pendidikan yang disyaratkan oleh perusahaan untuk posisi pekerjaan yang kamu minati.

  1. Identitas pribadi

Identitas pribadi, berupa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga sangat sensitif sehingga kamu harus memastikan bahwa instansi atau perusahaan yang kamu impikan menerima berkas ini.

  1. Surat referensi kerja atau sertifikat keahlian

Kedua berkas ini biasanya menjadi syarat bagi pelamar kerja yang sudah berpengalaman atau posisi yang membutuhkan keahlian khusus.

  1. Piagam penghargaan

Selain portofolio, perlu juga melampirkan surat referensi kerja atau sertifikat keahlian, piagam penghargaan ketika melamar kerja. Hal itu bisa menjadi poin plus bagimu untuk diterima.

  1. Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK)

SKCK merupakan surat yang membuktikan bahwa kamu tidak pernah melakukan tindakan kejahatan atau kriminal.

  1. Pas Foto Terbaru

Umumnya ukuran foto lamaran kerja 3×4 sentimeter dan 4×6 sentimeter. Jadi siapkan beberapa foto dengan latar biru atau merah sesuai kebutuhan.

  1. Fotokopi Surat Keterangan Sehat

Surat semacam ini biasanya dibutuhkan beberapa tahap proses rekrutmen calon pegawai. Namun hal ini tergantung dari perusahaan tersebut.

Baca:   Rambut di Wajah Pria Bisa Cerminkan Kondisi Kesehatan
  1. Formulir dari Perusahaan

Biasanya formulir isian seperti ini dipersiapkan oleh perusahaan yang kamu lamar. Namun tidak semua perusahaan memiliki prosedur semacam ini. (C)

Laporan: Sela
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan