Iklan Clarion

Bahas RPJMD, Koltim Masuk Skala Prioritas Program Kerja Jokowi

SULTRAKINI.COM : KOLAKA- Eka Paksi, perwakilan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulawesi Tenggara, mengatakan bahwa Kabupaten Kolaka Timur adalah salah satu dari dua daerah di Sultra yang masuk dalam skala prioritas program kerja Jokowi.

Hal ini diungkapkan Eka saat memberikan sambutan pada musyawarah rencana pembaungnan jangka menengah daerah (RJPMD) di Kolaka Timur. Oleh sebab itu keberadaan RPJMD tidfak bisa dipandang sebe;lah mata. Sebab RPJMD itu adalah pedoman atau kitab suci bagi suatu daerah dalam membangun.

“Untuk Provinsi Sultra, prioritas pembangunan Presiden Jokowi hanya dua, yakni Kabupaten Wakatobi, sebagai saah satu destinasi wisata di Indonesia. Dan Kolaka Timur, yakni pembangunan Bendungan Ladongi. Jadi RPJMD itu harus dirumuskan setelah enam bulan dibentuk. RPJMD itu, dokumennya harus baik, dan menurut Undang-undang Nomor 25 Tahun 2010, dokumen perencanaan yang baik harus sesuai dengan  program nasional, serta singkron dengan provinsi,” jelasnya, Kamis (20/07/2016).

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Koltim Hj Andi Merya Nur dalam  menyampaikan, sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 54 Tahun 2010, RPJMD itu memuat visi, misi dan program kepala daerah, arah kebijakan keuangan daerah, strategi pembangunan  daerah, kebijakan umum, dan program satuan kerja perangkat daerah.

“Ini merupakan perwujudan janji politik kami selaku kepala daerah Periode 2016-2021 pada saat kampanye sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat Kolaka Timur. Dengan berpedoman pada RPJMD dan RTRW Provinsi Sultra, dan mengacu pada RPJMN, serta memperhatikan RPJMD dan RTRW kabupaten sekitarnya,” lanjutnya

Keterlibatan masyarakat dalam penyelarasan visi dan misi serta program pembangunan daerah, merupakan salah satu perwujudan dari pendekatan perencanaan partisipatif dalam menentukan arah dan skala prioritas pembangunan daerah.

Sehingga, forum musrenbang RPJMD ini, mempunyai makna penting dan strategis dalam upaya melanjutkan pembangunan Kolaka Timur untuk mencapai visi pembangunan jangka menengah Koltim 2016-2021 yaitu Mewujudkan Kabupaten Kolaka Timur sebagai wilayah agrobisnis yang unggul dan berdaya saing Dengan memuat 7 misi sebagai penjabaran dari visi tersebut,”tutupnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.