Ketahui, Jenis Rempah dan Buah Ini Dapat Melancarkan Menstruasi

  • Bagikan
Ilustrasi (Suara.com) 
Ilustrasi (Suara.com) 

SULTRAKINI.COM: Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Normalnya, haid datang setiap 21-35 hari sekali. Haid disebut tidak teratur jika jadwalnya datang lebih cepat atau lebih lama dari yang seharusnya. 

Terlambat menstruasi dapat diakibatkan jika stres yang berlebihan, hormon yang berperan dalam munculnya stres adalah hormon kortisol. Kortisol bisa menghambat jalannya ovulasi dalam tubuh kamu. Dengan menurunnya hormon estrogen untuk ovulasi, haid kamu jadi tertunda. 

Dilansir dari HaiBunda, untuk memperlancar mestruasi bisa dengan mengonsumsi rempah dan buah. Berikut jenis-jenis rempah yang dapat melancarkan menstruasi, yaitu:

1. Peterseli

Menurut Dr. LovneetBatra, Ahli Nutrisi Klinis Fortis La Famme bahwa Peterseli telah digunakan secara tradisional untuk menginduksi menstruasi selama berabad-abad. Apiol dan myristicin yang terkandung dalam Peterseli dapat merangsang kontraksi rahim.

2.  Kayu Manis

Kayu manis adalah salah satu jenis rempah alami yang diyakini sebagai minuman pelancar menstruasi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi Kayu manis memiliki siklus mentruasi yang lebih teratur ketimbang mereka yang tidak.

3. Kunyit

Kunyit telah dikenal sejak lama sebagai salah satu minuman pelancar menstruasi yang ampuh. Hal ini lantaran senyawa kurkumin yang terkandung di dalamnya juga berkhasiat sebagai obat. Kunyit memiliki efek yang mirip dengan hormon estrogen sehingga diyakini dapat membuat siklus menstruasi jadi teratur.

Baca:   Warna Darah Menstruasi Menunjukan Kondisi Kesehatan

4. Jahe

Kamu dapat membuatnya menjadi Teh Jahe. Tetapi tidak seperti Peterseli, Jahe dapat memiliki beberapa efek samping, seperti keasaman. Untuk mestruasi yang sangat terlambat kombinasi Peterseli dan Teh Jahe dianjurkan. Jahe dianggap meningkatkan panas di sekitar rahim sehingga meningkatkan kontraksi.

5. Biji Wijen 

Biji wijen dapat dikonsumsi untuk menginduksi menstruasi, tetapi hanya boleh dimakan dalam jumlah sedang karena menyebabkan efek panas pada tubuh. 

Sedangkan buah-buahan yang dapat melancarkan mestruasi, yaitu:

1. Pepaya

Pepaya adalah obat rumahan paling efektif yang tersedia untuk mengatasi menstruasi. Seperti dicatat oleh dr. Batra, pepaya mentah merangsang kontraksi di rahim dan dapat membantu dalam menginduksi menstruasi. Karoten hadir dalam pepaya merangsang hormon estrogen sehingga menginduksi periode awal.

2. Delima

Kandungan dalam buah delima dapat membantu memperlancar darah dan hormon, sehingga siklus haid menjadi lebih lancar juga membantu melindungi dinding rahim dari segala pemicu penyakit.

3. Nanas

Nanas mengandung enzim yang besifat antiperadangan yaitu bromelain. Kandungan antioksidan dalam buah nanas juga bermanfaat dalam mengurangi peradangan yang menyebabkan kram perut saat menstruasi. Kamu bisa mengolah nanas menjadi jus dan meminumnya secara rutin. 

4. Wortel

Ternyata tidak hanya baik untuk mata, tetapi wortel yang kaya akan kandungan vitamin A, C, kalsium, dan zat besi yang bermanfaat menjaga agar hormon-hormon dalam tubuh tidak mengalami gangguan. Dengan megonsumsi jus wortel tanpa gula secara rutin, masalah siklus menstruasi yang tidak teratur dapat diatasi 

Baca:   Jangan Sepelekan Nyeri Haid, Bisa Jadi Gejala Penyakit

5. Kurma

Kurma dikenal dapat menghasilkan panas dalam tubuh. Makan kurma sepanjang hari dalam jumlah yang terukur untuk menginduksi menstruasi sebelum tanggal jatuh tempo.

6. Anggur

Segelas jus anggur segar setiap pagi dapat membantu kamu terhindar dari menstruasi yang tidak teratur.

7. Air Kelapa Muda

Tidak hanya menyegarkan air kelapa hijau  juga baik untuk melancarkan menstruasi. Didalam air kelapa hijau terdapat kandungan asam laurat yang berfungsi  sebagai antibakteri, antijamur, dan juga antivirus. 

Laporan: Tian
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan