SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara, menggelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif, guna mengajak seluruh elemen masyarakat terlibat mengawasi pelaksanaan pemilihan gubernur pada 2018 mendatang.

Harapkan Pengawasan Pilgub Sultra, Panwaslu Mubar Kekurangan Personil
Anggota Panwaslu Kabupaten Muna Barat, Waode Muniati saat memberikan materi dalam sosialisasi partisipatif dihadapan stakeholder dan para pemilih pemula. (Foto: Akhir Sanjaya/SULTRAKINI.COM)

"Topiknya adalah pemilih pemula, jadi lebih awal siswa-siswi disini akan mengenal seperti apa sih pemilu itu, seperti apa sih pengawasan pemilu itu, paling tidak lebih awal mereka akan lebih memahami mekanisme penyelenggaraan pemilu," jelas Ketua Panwaslu Mubar, LM. Yasri sekaligus narasumber di sosialisasi yang menghadirkan kalangan siswa dan Sekretaris Disdukcapil Mubar, Anggota KPUD Mubar, camat, Danramil Tiworo Kepulauan, Kapolsek Tiworo Kepulauan, dan Ketua Panwascam se-Mubar. 

Anggota Panwaslu Mubar, Waode Muniati selaku Divisi Pengawasan dan Sosialisasi menambahkan Panwaslu dan jajarannya memiliki keterbatasan personil untuk mengawasi secara ideal pesta demokrasi tersebut. Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh stakeholder turut melakukan pengawasan jelang Pilgub 2018.

"Sebagai Panwas tidak hanya mengamati, tapi kita melakukan pengkajian dari data yang diterima oleh Panwas, kita tidak selalu berdasarkan katanya-katanya. Demokrasi ini adalah milik rakyat, jadi kalau bukan rakyat siapa lagi yang akan menegakkan demokrasi ini," tegas Muniati.


Laporan: Akhir Sanjaya

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations