Inspektorat Audit 168 Sekolah di Buton

SULTRAKINI.COM: BUTON – Inspektorat Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara saat ini tengah melakukan audit dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terhadap 168 sekolah, mulai dari tingkat SD hingga SMP di wilayah itu. Audit akan dilakukan selama kurang lebih satu bulan, sejak Agustus-September 2018.

“Iya, saat ini sejak akhir Agustus kemarin sampe dengan Bulan September 2018 ini, kami sementara melakukan audit dana BOS,” kata Kepala Inspektorat Kabupaten Buton, La Halimu, Jumat (7/9/2018).

Lanjut Halimu, proses audit itu, pihaknya melakukan pemeriksaan kepada seluruh kepala sekolah dan bendahara. Yang akan diperiksa yaitu antara lain pemeriksaan kelengkapan administrasinya dan pengecekan langsung di lapangan terkait penggunaan dana BOS.

“Jadi pada pemeriksaan penggunaan dana BOS itu kita bentuk tujuh tim, setiap tim memeriksa lima desa, dan saat ini yang baru berjalan baru sekitar 35 sekolah dari 168 sekolah yang ada,” ujarnya.

Dijelaskannya, dari hasil pemeriksaan sementara, pihaknya belum menemukan adanya pelanggaran penggunaan dana BOS. Hanya saja diakuinya, baru menemukan beberapa adanya kesalahan administrasinya, seperti ada penandatanganan lembar pertanggungjawaban yang dilangkahi, serta ada juga surat pertanggungjawaban (SPJ) yang belum diberi nomor.

“Namun, kesalahan administrasi itu kita langsung sampaikan agar segera diperbaiki atau dilengkapi,” jelasnya.

Tidak hanya, pihaknya juga memberikan waktu kepada pihak sekolah, jika ditemukan adanya kerugian negara dalam penggunaan dana BOS, sehingga secepatnya dikembalikan.

“Kalo itu sifatnya kerugian negara kita tindak di tempat, kita minta agar diselesaikan sehingga tidak masalah lagi, kita lakukan langkah persuasif, tapi sejauh ini alhamdulillah belum ada,” terangnya.

Halimu menargetkan, audit terhadap dana BOS tersebut bisa tuntas di Bulan September ini. Nantinya, hasil audit itu akan diserahkan kepada Bupati Buton, La Bakry yang bisa dijadikan acuan pada tahun-tahun yang akan datang.

Laporan: La Ode Ali
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.