SUARA

KPU RI Gelar Simulasi Pencoblosan di Buton

SULTRAKINI.COM: BUTON – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar tata cara pencoblosan dan perhitungan suara untuk daerah calon tunggal di Desa Barangka, Kecamatan Kapontori, Kabupaten Buton, Minggu (30/10/2016).

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Buton La Rusuli, mengatakan, tujuan dilakukannya simulasi ini agar masyarakat mengetahui tata cara pencoblosan dan teknis dalam pungut hitung pada Pilkada 2017 mendatang.

“Inikan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa Pilkada dengan satu pasangan calon itu  bentuk surat suaranya seperti apa. Lalu berikut, tentang tata cara pengisian formulir karena ada perbedaan dengan formulir pada Pilkada sebelumnya,” kata La Rusuli ditemui di tempat simulasi, Minggu (30/10).

Dalam simulasi ini kata La Rusuli, KPU memberikan pelatihan bagi kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) ataupun masyarakat. Warga yang hadir , lanjut dia, diberikan arahan untuk memilih salah satu, baik Pasangan Calon (Paslon) yang mempunyai gambar maupun yang tidak bergambar atau kotak kosong.

yamaha

“Dalam simulasi ini materi yang dipraktekkan adalah tata cara mencoblos, tata kerja dan tugas KPPS, pengisian formulir, kemudahan akses memilih, mekanisme sampul turun dan naik serta penggunaan segel. Dengan harapan tidak ada masyarakat yang golput dalam Pilkada calon tunggal,” jelasnya.

Ditempat yang sama Komisioner KPU RI, Hadar Nafis Gumay yang turut hadi dalam simulasi ini mengatakan, simulasi tidak hanya dilakukan di Kabupaten Buton. Tetapi juga di daerah lain se Indonesia yang menyelenggarakan Pilkada.

Hadar berharap, seluruh masyarakat Kabupaten Buton dapat mendukung terciptanya Pilkada yang berintegritas dan damai. “Mari kita saling mengingatkan kalau Pilkada itu penting, Pilkada jangan kita jadikan sebagai ajang permusuhan, kekerasan, terlebih terjadi korban, hal seperti itu kita hindari,” himbaunya.

Dalam simulasi ini, turut dihadiri Komisioner KPU RI, Hadar Nafis Gumay, Ketua KPU Sultra Hidayatullah beserta jajarannya, Komisioner KPUD Buton, aparat TNI dan Kepolisian, serta masyarakat. 

Ratusan warga sangat antusias datang dan mengikuti simulasi yang diadakan KPU RI bersama KPU Sultra dan KPU Buton tersebut.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.