SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT - Penitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Wadaga, Kabupaten Muna Barat (Mubar), mulai melakukan rekrutmen panitia pengawas lapangan (PPL) untuk mengawal proes pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tenggara 2018.

Panwascam Wadaga Buka Pendaftaran PPL
Ketua Panwascam Wadaga, Kabupaten Mubar, Rini Murni Andriani. (Foto: Akhir Sanjaya/SULTRAKINI.COM)

Ketua Panwascam Wadaga, Rini Murni Andriani mengatakan ketentuan pendaftaran bagi calon PPL di antaranya berusia minimal 25 tahun pada saat pendaftaran, berdomisili di wilayah desa setempat, sehat jasmani, dan rohani.

Sedangkan persyaratan, berupa salinan KTP dan KK, dan ijazah terakhir minimal SMA, foto ukuran 4x6 sebanyak lima lembar, daftar riwayat hidup (berkas terlampir), surat keterangan kesehatan dari puskesmas (diberikan saat pendaftaran) dan surat keterangan bebas narkoba (diberikan sebelum pelantikan).

"Serta pernyataan setia pada pancasila, tidak terlibat partai politik, tidak bekerja pada perusahaan BUMN/BUMD, bersedia kerja penuh waktu, berkas terlampir," jelasnya, Selasa 26/12/2017).

Pendaftaran PPL dimulai 23-28 Desember mendatang. Untuk berkas persyaratan dapat diambil di Sekretariat Panwaslu kecamatan setiap hari kerja yang terletak di Desa Lasosodo, Kecamatan Wadaga.

Selain itu pihaknya juga menjamin kemurnian rekrutmen anggota PPL, dimana anggota yang dinyatakan lolos nantinya adalah mereka yang independen dari partai politik ataupun sebagai pendukung salah satu bakal kandidat.

"Dalam proses perekrutan ini, kami sudah ditekankan oleh Panwslu Kabupaten agar perekrutan tetap memperhatikan dan mematuhi peraturan yang ada, selain itu tidak mengedepankan kepentingan pribadi atau golongan,” ujarnya.

Bagi masyarakat yang berminat untuk menjadi anggota PPL, bisa mendatangi kantor Panwascam sekaligus untuk mengetahui lebih lanjut persayaratan mendaftar PPL. Pihaknya juga telah menyebarkan informasi penerimaan di tiap-tiap desa.

"PPL ini adalah ujung tombak pengawasan dan sekaligus penentu kualitas penyelenggara pada pelaksanaan pilgub yang dimulai dari tingkat desa atau kelurahan yang ada di Mubar," terangnya.

Panwascam Wadaga akan merekrut tujuh orang PPL berdasarkan jumlah desa yang ada di Kecamatan Wadaga. Selanjutnya, mereka akan ditempatkan satu orang untuk setiap desa.

Untuk diketahui, pendaftaran dilakukan secara serentak di 11 panwascam yang ada di Kabupaten Mubar.


Laporan: Akhir Sanjaya

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations