Iklan Clarion

Ramadan Tiba, Satgas Pangan Wakatobi Sasar Barang Kadaluarsa

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Satgas Pangan Wakatobi bakal melakukan operasi pasar pekan depan. Salah satu tujuannya, memastikan ketersediaan pangan tetap terjaga selama Ramadan 1439 Hijriah.

“Seyogianya sebelum memasuki bulan Ramadan. Tapi kami sudah rencanakan kalau bukan tanggal 21 atau 22 Mei 2018 kita akan turun ke pasar, agar kita bisa mengetahui ketersediaan pangan selama bulan Ramadan,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Wakatobi, Sulaeman, Kamis (17/5/2018).

Operasi pasar nantinya menyasar barang-barang kadaluarsa yang diperjual-belikan di pasaran. “Agar selama bulan Ramadan masyarakat mengkonsumsi makanan yang bergizi,” lanjutnya.

Walaupun beberapa minggu terakhir Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara dilanda cuaca ekstrim, Dirinya tetap meyakini ketersedian pangan di wilayah tersebut tetap terjaga selama Ramadan. Alasannya, stok pangannya berasal dari Kota Kendari dan Kota Baubau serta Wakatobi merupakan jalur tol laut sehingga barang-barang di Wakatobi langsung dari Jawa menggunakan kapal besar.

“Jadi walaupun cuaca ekstrim, pangannya kita tetap tersedia. Tapi mengenai harganya pasti akan mengikuti harga barang dari daerah pemasok. Kalau di Baubau dan Kendari naik pasti di sini juga akan naik,” terang Sulaeman.

Satgas pangan tersebut terdiri atas pihak Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kesehatan, Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah, dan Polres Wakatobi.

 

 

Laporan: Amran Mustar Ode

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.