Iklan Clarion

Berat Badan Bertambah Selama Bulan Puasa? Tiga Cara Ini bisa Menangkalnya

SULTRAKINI.COM: Meski banyak orang tahu puasa itu menyehatkan, namun masih banyak orang justru bertambah berat badannya. Puasa sebenarnya membantu proses diet sehat dibandingkan hari-hari biasanya.

Selama puasa, jadwal makan akan berkurang, hanya dilakukan di waktu sahur dan berbuka puasa. Di hari-hari biasanya, jadwal makan tiga hari sehari, ditambah cemilan menemani aktivitas sehari-hari. Tetapi sejumlah orang justru gagal diet. Dilansir dari Bintang.com, berikut terdapat tiga tips diet buat kamu yang berniat kuruskan badan selama Ramadan.

1. Atur makanan
Jadwal makan di waktu sahur dan berbuka tak meski dipuaskan dengan jumlah makan yang banyak. Kamu cukup mengatur menu makananan di waktu itu. Kurangi nasi putih dan mungkin bisa diganti dengan nasi merah.
Jangan makan gorengan dan lebih baik pilih buah serta sayuran sebagai camilan. Protein bukan cuma berasal dari daging merah, tapi juga ikan, ayam, dan kacang-kacangan. Nah, masak makanan yang sehat dan kurangi penggunaan santan serta lemak yang banyak saat memasak untuk sahur dan buka puasa.

2. Olahraga
Berpuasa bukan berarti kebiasaan berolahraga dihilangkan atau takut lemas karena aktifitas fisik ini. Berikan jeda 30 menit – 1 jam usai berbuka puasa untuk memulai olahraga. Fokuslah pada olahraga kardio yang bisa membakar lemak lebih efektif di bandingkan bulan-bulan selain Ramadan.

3. Cemilan
Meskipun kamu sedang melakukan diet, jangan siksa dirimu untuk tidak ngemil sama sekali. Kamu tetap boleh menikmati camilan, tapi yang sehat!

Buah dan juga sayuran, atau kacang-kacangan seperti kacang merah dan juga mete, bisa kamu pilih sebagai snack yang bisa kamu nikmati setelah olahraga. Tapi, ingatlah untuk memberikan jeda minimal 2 jam sebelum kamu pergi tidur.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.