Iklan Clarion

Bupati Wakatobi Kukuhkan KMPT

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Bupati Wakatobi,H. Arhawi mengukuhkan pengurus dan anggota Kerukunan Masyarakat Pulau Tomia (KMPT), Sabtu (5/11/2016). Pengukuhan ini merupakan rangkaian acara Festival Pulau Tomia.

Pengukuhan dalam prosesi ritual adat kesultanan buton ini dihelat di Puncak Waruuw,  Kecamatan Tomia Timur dan disaksikan ribuan masyarakat Pulau Tomia.

Dalam sambutannya usai pengukuhan, Arhawi meminta KMPT dapat turut terlibat dalam pembangunan Wakatobi khususnya di Pulau Tomia melalui sumbangan pemikiran atau mengusahakan anggaran pusat.

Atas pernyataan Bupati Wakatobi tersebut, Ketua KMPT, Rusdin Haludin menyambut positif harapan yang diungkapkan Bupati. Dijelaskannya, dalam organisasi yang dibentuk pihaknya telah membuat program Gerakan Lima Ribu (Gemar) Tomia.

Gerakan ini, kata Rusdin Haludin, bahwa 5.000 per kepala keluarga Tomia dirantau yang hasilnya akan disalurkan melalui koperasi KMPTuntuk membantu masyarakat Tomia yang mengalami musibah baik itu diperantauan maupun di Pulau Tomia sendiri.

“Ini kita akan dikelola dan dibuatkan koperasi sebagai kelangsungan hidup organisasi KMPT. Selain itu, kita akan buatkan yayasan sosial KMPT,” kata Rusdin.

Tak hanya itu, lanjut Rusadin, masyarakat perantau Tomia juga sudah melakukan koordinasi dengan Camat Tomia, Tomir untuk menyediakan lahan kosong yang akan dijadikan lokasi gedung serbaguna.

Gedung serbaguna yang akan dinamakan Graha Rambitantu’u akan difungsikan sebagai tempat serbaguna untuk sejumlah acara atau resepsi pernikahan untuk memudahkan masyarakat.  Sehingga mengurangi banyaknya acara yang dihelat di sekitar rumah maupun ditengah jalan.

Diungkapkan Rusdin, usulan ini pun jika langsung diterima, maka dipastikan peletakan batu pertama dilakukan dalam waktu dekat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.