Iklan Clarion

Cegukan? Redakan dengan Melakukan Hal Ini

SULTRAKINI.COM: Cegukan merupakan hal misterius, karena datang tanpa penyebab yang jelas, dan muncul beberapa saat, kemudian hilang lagi dengan cepat. Fungsi tubuh yang aneh ini disebabkan oleh diafragma yang tanpa sengaja berkontraksi, yang mengakibatkan celah suara, saluran terbuka antara pita suara, menutup dengan cepat, kemudian menjadi sumber suara aneh.

Kontraksi diafragma tanpa sengaja ini terjadi ketika saraf terganggu atau rusak. Meskipun terkadang cegukan datang dan pergi tanpa penyebab jelas, ada beberapa penyebabnya. Episode cegukan bisa dipicu oleh sejumlah hal, yang meliputi makan terlalu banyak atau terlalu cepat, minum alkohol atau bersoda, merokok, dan perubahan suhu mendadak.

Selain itu, rekasi periode reaksi emosional yang intens seperti kesenangan, stres, atau ketakutan juga bisa menjadi penyebabnya, jadi hanya perlu tenang. Jika mendadak mengalami cegukan dan tidak sabar untuk menunggunya hilang sendiri, berikut beberapa tips jitu untuk menyembuhkannya seperti dilansir dari laman The Independent.

1. Bernapas dengan kantung kertas

2. Tarik lutut Anda ke atas hingga dada dan miringkan badan ke depan

3. Menyeruput air dingin dengan es batu

4. Menelan gula pasir

5. Menggigit lemon atau menjilat cuka

6. Menahan napas selama beberapa waktu

Namun, jika cegukan tidak juga reda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kalau cegukan tidak hilang lebih dari 48 jam. Atau, cegukan yang datang dan pergi sangat sering hingga mengganggu kehidupan.

Cegukan yang tak hilang sangat jarang terjadi, tapi bisa juga menjadi gejala dari kondisi yang serius, mulai dari masalah pernapasan, hingga gangguan kardiovaskular, atau masalah dengan sistem pencernaan.

Cegukan tidak hilang juga bisa berkaitan dengan tipe pengobatan tertentu yang dijalani, termasuk benzodiazepines.

Lantas bagaimana dengan anak-anak. Bayi di bawah satu tahun rentan mengalami cegukan, yang biasanya disebabkan oleh pemberian makan. Namun, biasanya tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena kemungkinan kecil mempengaruhi pernapasannya.

Kebanyakan cegukan akan hilang sama halnya dengan orang dewasa, tapi jika orangtua tidak ingin menunggunya berhenti, mereka bisa membuat bayinya bersendawa atau memberinya dumi untuk menghilangkannya. Tapi, jika cegukan bayi tidak terkontrol, terjadi sangat sering, atau sering muncul setelah usia satu tahun, cara bijak adalah dengan mengkonsultasikannya dengan dokter.

Sumber: viva.co.id

Komentar
Loading...