SUARA

Kader LSIP FKIP UHO Belajar Teknik Reportase

SULTRAKINI.COM:KENDARI – Lingkar Studi Ilmiah dan Penalaran (LSIP) Universitas Halu Oleo Kendari melatih kemampuan kadernya dalam reknik reportase sebagai salah satu metode pengumpulan data untuk penulisan karya ilimiah. 

Pengembaangan teknik reportase ini dilakukan melalui Pelatihan Jurnalistik, yang dilaksanakan Minggu (4/9/2016) di Kampus FKIP UHO yang dihadiri ratusan kader LSIP dengan menghadirkan Pimpinan Redaksi SULTRAKINI.COM, Gugus Suryaman untuk membawakan materi serta berbagi pengetahuan dalam teknik reportase.

Ketua Dewan Pertimbangan Organisasi LSIP FKIP UHO 2016, Reziqatul Jannah mengungkapkan karya jurnalistik juga memiliki pengaruh terhadap karya ilmiah. Sebab, pemberitaan juga dapat dijadikan referensi ide karya tulis ilmiah. “Karya tulis ilmiah harus fakta. Ketika beritaan itu hoax, akan berpengaruh di karya tulis ilmiah,” katanya ditemui saat pelatihan.

yamaha

Dalam materinya, Gugus Suryaman menekankan pentingnya akurasi dalam pengumpulan data dan informasi saat mereportase.  Selain soal teknik, Gugus juga berbagi tips bagi kader LSIP untuk membuat karya jurnalistik yang baik, seperti membiasakan menulis dari hal kecil. “Sebarkan kebaikan lewat tulisan,” ucapnya.

Tidak hanya soal reportase, peserta pelatihan juga diajarkan untuk bijak dalam menggunakan sosial media. Sebab sarana yang satu ini, dikenal sebagai penyebar informasi berskala global. 

“Internet tidak bisa dihindari. Jika tidak bijak menggunakannya bisa jadi generasi sampah,” terang Pimpinan Redaksi media Siber terbesar di Sultra ini.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.