Kampung Wisata Dewa Bronto Sajikan Batik Warna Alam dan Kenduri Agung di Kali Code

SULTRAKINI.COM: YOGYA – Guna menarik wisatawan datang, desa-desa wisata di Yogya terus bersolek. Meningkatkan pelayanan dan memperbanyak atraksi budaya yang bisa menjadi magnet bagi wisatawan. Salah satunya Kampung Wisata Dewa Bronto.

Kampung Wisata (Kamwis) Dewa Bronto adalah sebuah kampung wisata yang ada di kelurahan Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta. Kampung ini dilintasi sungai legendaris di Kota Yogya: Kali Code.

Kantor Bulog Raha

Di daerah ini,  terutama kampung Prawirotaman adalah kampung juragan batik. Tradisi membatik menjadi satu tinggalan yang terus dipelihara. Kendati pada satu periode, industri batik ini sempat terpinggirkan.

Permintaan kain batik turun, karena banyak yang memakai kain bukan batik. “Banyak pengusaha batik yang gulung tikar dan berganti usaha. Mereka mendirikan guest house bahkan hotel. Kawasan ini pun terkenal sebagai kawasan turis,” urai Marsudi, salah satu tokoh Kamwis Dewa Bronto, Selasa (11/4).

Seiring dengan gencarnya program promosi wisata dan UMKM, kelurahan pun membentuk usaha UMKM dengan menghidupkan kembali usaha batik. Para perajin batik di kawasan ini lantas membentuk Paguyuban. Namanya Paguyuban Batik “Canting Makaryo”. “Produksi dari paguyuban ini menjadi oleh-oleh khas Kampung Wisata Dewa Bronto,” tambah Marsudi.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

var bs_pagination_loc = {"loading":"
<\/div>
<\/div>
<\/div>
<\/div>
<\/div>
<\/div>
<\/div>
<\/div>
<\/div><\/div>"};