SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH - Tim Penggerak PKK Kecamatan Mawasangka, keluar sebagai juara pertama Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) yang diselenggarai PKK Kabupaten Buton Tengah (Buteng) bekerjasama Dinas Pangan di halaman rumah jabatan Bupati, Kamis (26/10/2017).

Kecamatan Mawasangka Juarai Lomba B2SA Buteng dengan Resep Lokalnya
Salah satu menu makanan yang diperlombakan Tim PKK di ajang B2SA di Kabupaten Buton Tengah, Sultra. (Foto: Ali Tidar/SULTRAKINI.COM)

Lomba B2SA merupakan kegiatan pertama kali digelar yang menghadirkan PKK tingkat kecamatan se-Buteng untuk menyajikan beragam menu lokal, termasuk Kecamatan Mawasangka.

"Pesertanya ini baru PKK tujuh kecamatan dan para juri menilai menu yang disajikan oleh PPK Mawasangka bervariatif dan layak mendapatkan juara, baik dalam rasa maupun penyajiannya yang sangat baik," kata Ketua PKK Buteng, Yusniar Samahuddin.

Sejumlah menu disajikan dari sekian banyak menu, berupa berbahan dasar jagung dan Ikan Asin, dan hasil olahan komoditi setempat.

Untuk peraih juara 2 dan 3, masing-masing dari Kecamatan Gu dan Kecamatan Telaga Raya.

Istri Bupati Buteng ini juga berharap, peserta tak hanya mengharapkan pujian dari para dewan juri. Namun menekankan pada cita rasa lokal dalam setiap sajian masakan. Di lain sisi, dengan diselenggarakan lomba cipta menu lokal bisa memberi nilai tambah bagi masyarakat, khususnya yang melakukan usaha pengolaan pangan lokal.

"Lomba cipta menu lokal ini diharapkan bisa merangsang dan memacu serta memberi nilai tambah bagi masyarakat," harapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pangan Buteng, Wa Ode Nurjannah menuturkan kedepan pihaknya akan menggelar lebih meriah lagi dari hari ini dengan melibatkan semua pihak dalam menciptakan menu berbasis lokal. 

"Insya allah akan lebih berkembang lagi, jadi kita libatkan semua SKPD dalam hal ini darma wanitanya, termaksud dari Polsek Bhayangkari, kemudian PKK, kemudian kita ingin kreasi dari ibu-ibu dalam memanfaatkan pangan lokal untuk dimanfaatkan oleh keluarganya dalam hal ini peningkatan gizi keluarga," terang Nurjannah.


Laporan: Ali Tidar

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations