SUARA

Kemenag Mubar Seleksi Peserta Pentas PAI 2017

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Muna Barat menggelar Seleksi pekan keterampilan dan seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) 2017. Kegiatan yang diikuti siswa dari berbagai tingkatan itu digelar di aula Kementerian Agama Kabupaten Mubar, Kamis (4/5/2017).

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Mubar, Kamarudin mengatakan, peserta lomba berasal dari siswa-siswi SD, SMP, SMA/SMK se-Kabupaten Mubar. Pentas PAI ditujukan untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan peserta didik terhadap ajaran Islam.

“Dengan demikian diharapkan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Kamarudin juga menjelaskan lomba yang berlangsung dua hari ini guna memberikan motivasi kepada peserta didik agar lebih bergairah lagi mempelajari dan mencintai Pendidikan Agama Islam. Selain itu pula sebagai tolak ukur keberhasilan pembinaan Pendidikan Agama Islam pada sekolah yang meliputi pengetahuan, pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran Islam. 

“Setelah kegiatan ini, pihaknya akan mengevaluasi hasil lomba dan pembinaan yang selama ini dilakukan oleh pihak sekolah. Evaluasi tersebut diharapkan dapat memberikan hasil yang lebih baik lagi pada tahun-tahun mendatang,” terangnya.

yamaha

Ia juga berharap mutu atau kualitas dapat terus meningkat setiap tahun. Pentas PAI tingkat kabupaten ini juga menjadi ajang seleksi peserta yang akan diikutsertakan pada lomba serupa pada tingkat Provinsi Sulawasi Tenggara pada 20-23 Mei 2017. 

“Saat ini mereka masih dalam tahap seleksi, nantinya yang mendapatkan juara satu akan dikirim di provinsi untuk mewakili Kabupaten Muna Barat,” ucap kamarudin.

Pentas Pendidikan Agama Islam melombakan 11 cabang, meliputi kelompok SD terdiri atas lomba pidato Pendidikan Agama Islam, hifzhul Quran, dan lomba cerdas cermat PAI. Untuk jenjang SMP meliputi, tilawatil Quran, lomba pidato PAI, hifzhul Quran, dan seni kaligrafi.

Sementara itu, untuk jenjang SMA dan SMK meliputi tilawatil Quran, pidato PAI, lomba debat PAI, dan lomba kreasi busana muslimah, terang dia.

Laporan: Akhir Sanjaya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.