SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, dibantu 20 tenaga verifikasi dari Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara telah mengambil semua titik koordinat setiap sekolah swasta maupun negeri di semua tingkatan untuk dibuatkan peta sebaran sekolah di wilayah setempat.

Koordinat Sekolah di Buteng Masuk Laman Resmi Kemendikbud
Staf Teknis Pusat Data Satatistik Kemendikbud RI, Yas Ahmat bersama saat memberikan peta sebaran sekolah Buteng secara simbolik kepada Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Buteng, Nafiu.(Foto: Ali Tidar/SULTRAKINI.COM)

Staf Teknis Pusat Data Satatistik Kemendikbud, Yas Ahmad mengatakan pembuatan peta merupakan program dari Kemendikbud langsung guna  memudahkan dan mengetahui sekolah yang aktif dan tidak aktif. Peta juga membantu mengetahui letak sekolah sampai jarak diantara setiap sekolah.

"Jadi itu yang akan menjadi data kami, sebagai patokan dan referensi kedepannya," kata Yas saat dikonfirmasi usai meyerahkan secara simbolis peta sebaran sekolah kepada Pemda melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaa setempat, Kamis, (7/12/2017).

Ditambahkan Yas, peta sebaran sekolah akan masuk di laman resmi Kemendikbud bernama 'Sekolah Kita' sebagai pendukung data referensi pendidikan. Serta mengetahui secara pasti keadaan sekolah oleh tim verifikasi melalui titik koordinat sekolah yang disertai foto keadaan sekolah tersebut.

Sementara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Buteng, melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Nafiu mengungkapkan apresiasinya atas hadirnya peta sebaran sekolah. Kata dia, peta bisa menjadi rujukkan dan analisis terhadap sekolah kedepannya.

"Kami memiliki alasan jika sekolah tersebut tidak layak atau layak untuk ditempatkan di wilayah yang ditujukan tersebut," kata Nafiu.

Pengerjaan peta sebaran sekolah di Buteng berlangsung selama empat hari, dengan melibatkan 20 tim verifikasi yang masing-masing beranggotakan dua sampai tiga orang.


Laporan: Ali Tidar

IKLAN KPU IKLAN LION

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations