SUARA

Kunjungi Rumah Belajar, Wakapolda Sultra Janji Kirimkan Buku

SULTRAKINI.COM: BUTON – Mengapresiasi karya Bhabinkamtibmas, Brigadir Almuhalid dan Babinsa 1413-02 Pasarwajo, Koptu Sutardi yang membangun Rumah Baca bagi masyarakat pesisir, Wakil Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sulawesi Tenggara (Sultra), Drs. Kombes Pol Heru Teguh Prayitno mengunjungi tempat tersebut, Senin (17/10/2016).

“Saya sangat salut dengan langkah yang dilakukan oleh Brigadir Almuhalid dan Babinsa Koptu Sutardi, karena dengan adanya rumah baca ini sangat membantu masyarakat yang ada disini (Bajo Bahari),” jelas  Drs. Kombes Pol Heru Teguh Prayitno.

Mendukung usaha memberantas buta aksara di Bajo Bahari yang dinisiasi oleh Anggota Polri dan TNi melalui pendirian Rumah Belajar di Desa Bajo Bahari, Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton ini, Wakapolda berencana mengirimkan buku dan alat tulis.

“Insyaallah kita akan bantu, seperti buku-buku dan lainnya,dan kita berharap dengan adanya rumah baca ini dapat memberantas buta aksara khususnya di Bajo Bahari ,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Brigadir Almuhalid mengatakan, sejak dibukanya perpustakaan keliling dan sekarang Rumah Baca sangat membantu masyarakat Bajo Bahari. Sejauh ini, kata Almuhalid, sudah 50 persen anak yang tadinya tidak bisa menulis dan membaca, kini sudah mengalami peningkatan.

“Sudah ada peningkatan sekitar 50 persen, dan sekarang justru mereka (anak-anak red) yang antusias untuk belajar,” aku Brigadir Almuhalid.

Dijelaskannya anak -anak yang rutin belajar di termpat tersebut sekitar 25 orang. Untuk jadwal belajarnya sendiri waktu yang digunakan Almuhalid dan Sutardi untuk mengajar di Rumah Belajar Baca sebanyak 3 sampai 4 kali seminggu, yang dilaksanakan pada sore hari.

yamaha

Almuhalid mengaku, dalam mengelola Rumah Belajar ini, kendala yang dialaminya hanya kurangnya buku bacaan yang ada. Sehingga ia berharap kepada pihak terkait ataupun relawan agar dapat memberikan sumbangan berupa buku yang akan digunakan untuk mendukung pengetahuan anak-anak dalam menulis dan membaca.

“Buku yang ada ini baru sekitar 50 buah , tentu ini menurut kami masih sangat kurang, kita berharap ada relawan ataupun pihak-pihak terkait yang menyumbangkan buku,” harapnya.

Sementara itu, ditemui SULTRAKINI.COM, salah seorang warga, Wa Mima mengatakan, Rumah Baca ini sangat membantu anak-anak di Bajo Bahari belajar membaca dan menulis.

“Dengan adanya ini kita senang, anak-anak sudah bisa membaca dan menulis, kita bersyukur sekali,” katanya dengan nada senang.

Hal senada juga dikatakan warga lainnya, Siti Hutina. Menurutnya Rumah Baca yang dibangun Almuhalid dan Sutardi, membuat anak-anak di Bajo Bahari lebih bisa membaca dan menulis. 

“Dulu pikirannya anak-anak itu tertutup, tapi dengan adanya rumah baca ini membuat anak-anak kami bisa membaca dan menulis, kita juga sangat bangga dengan dua orang anggota ini (Almuhalid dan Sutardi red) yang telah membangun rumah baca disini,” tutupnya.

Wakapolda didampingi Karo Ops Polda Sultra, Yosi Harioso didampingi Kapolres Buton, Andi Herman dan Wakapolres, Fahroni serta pejabat Polres Buton dan rombongan mengunjungi rumah baca di Bajo Bahari sekitar Pukul 12.30 Wita.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.