Mubar akan Tampil Membudaya di ‘Halo Sultra’ 2017

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Kabupaten Muna Barat (Mubar) akan tampil membudaya di Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ke-53 pada 24 April 2017.

Mubar nantinya tampil dengan pakaian tenun khas Muna dalam HUT bernuansa ‘Halo Sultra’ tersebut. Bermaskot bunga teratai, tema pun diusung berdasar cerita rakyat Wa Ode Kamba Parura.

“Tema tersebut mempunyai legenda tersendiri di Muna Barat,” kata Kepala Dinas Pariwisata Muna Barat, Nasir Kola, usai mengikuti rapat persiapan HUT Sultra, Rabu (29/03/2017).

Digambarkan Nasir, peserta karnaval berjumlah 100 orang  perwakilan dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Muna Barat. Dihadirkan juga peserta pengawalan parade silat dan pertunjukan tari khas daerah Muna Barat. Selain itu, Mubar akan tampilkan delapan etnis yang mendiami daerah tersebut, seperti Muna, Jawa, Sunda, Bali, Bugis, Buton, Bajo dan Tolaki dengan menggunakan pakaian adat khas masing masing. Kedelapan etnis tampil di dampingi pakaian adat Muna dari seluruh SKPD.

Selain pameran, sejumlah kegiatan akan diperkenalkan kepada para pengunjung. Misalnya kuliner, silat ‘Ewa Wuna’ dan putra putri pariwisata. 

“Kita tidak punya target apa apa, hanya sekedar berpartisipasi dalam perayaan Halo Sultra. Namun kami akan melahirkan kesan tersendiri dalam perayaan HUT Sultra kali ini,” ucapnya.

Laporan: Akhir Sanjaya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.