Pra Musrenbang, Pemkab Konawe Terima 1.373 Usulan Anggaran Kegiatan

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Pemerintah kabupaten Konawe menggelar pra-Musyawarah Rencana pembangunan (Musrembang), Senin (27/3). Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 28 kecamatan mengusulkan sedikitnya 1.373 kegiatan penganggaran kepada Pemkab.

 

Kery Saiful Konggoasa, yang hadir membuka kegiatan menuturkan, pihaknya sudah menghitung apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Namun tidak semua akan terakomodir. Tergantung usulan apa yang diprioritaskan.

 

\”Jika ditotalkan, anggaran usulan dari masyarakat masing-masing kecamatan mencapai Rp1 triliun lebih. Konawe punya Pendapatan Asli Daerah (PAD) sampai Rp1,3 triliun. Sebenarnya cukup untung menganggarkan usulan itu,\” ujarnya.

 

Menurut Kery, tingginya nilai usulan yang ada akan menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi Pemda Konawe. Ia menilai, yang harus dilakukan Pemda saat ini ialah mengejar PAD.

 

yamaha

\”Kita masih bisa tingkatkan PAD. Terget itu juga menjadi salah satu dari prioritas kami,\” tukasnya.

 

Senada dengan hal tersebut, Kepala Bappeda Konawe, Firdaus P. Raha menuturkan, sebanyak 28 kecamatan telah melaporkan usulannya. Total program angaran yang diusulkan mencapai 1.373 kegiatan.

 

\”Usulan tersebut akan kami peta-petakan, sesuai dengan SKPD yang akan menanganinya. Misalnya usulan jalan usaha tani, tentu akan diserahkan ke Dinas Pertanian,\” jelasnya.

 

Firdaus menerangkan, kemungkinan besarnya masih banyak dari usulan tersebut yang akan dicoret. Namun pencoretan itu tidak serta merta dilakukan sepihak oleh SKPD yang menjadi gaweannya. Pencoretan harus tetap melibatkan para camat.

 

\”Usulan yang akan kami utamakan adalah yang prioritas, tidak tumpang tindih dengan program lain, tidak berulang dan bagaimana lokasinya. Semua ini kami akan persiapkan untuk penganggaran 2017 mendatang,\” tandasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.