SULTRAKINI.COM: WAKATOBI - Kemeriahan pembukaan Festival Wakatobi Wave 2017, penuh dengan suguhan atraksi budaya maritim dari ribuan penari perwakilan empat pulau sebagaimana singkatan kepulauan Wakatobi, yakni Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko.

Ribuan Penari Pukau Pengunjung di Festival Wakatobi Wave 2017
Atraksi budaya maritim di pertontonkan dalam Festival Wakatobi Wave 2017. (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

Sebanyak 16 jenis atraksi budaya maritim mempertontonkan 75 Kamso'a pada pembukaan festival pada Sabtu, 11 November 2017. Tak ketinggalan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) Pemda Wakatobi dan sejumlah instansi terlibat di lingkaran pertunjukkan budaya yang terselengara di Kecamatan Wangi-wangi.

Para pengunjung pun semakin terpukau dengan suguhan tarian kolosal dari ribuan penari dari keterwakilan pulau di Wakatobi.

(Baca: Raja se-Nusantara dan Internasional Berkumpul di Festival Wakatobi Wave 2017)

Bupati Wakatobi, Arhawi mengatakan pergelaran Wakatobi Wave merupakan bentuk komitmen Pemda bersama masyarakat setempati untuk melestarikan kebudayaan dan keberagaman budaya sebagai jati diri kabupaten tersebut. Apalagi wilayah itu bagian dari 10 Bali Baru yang menjadi top destinasi wisata di Indonesia. Festival tahun ini kata dia, bukan sebatas pertunjukkan tarian, namun juga festival kuliner khas Wakatobi.

"Dalam Wakatobi Wave tahun ini, juga ada berbagai kuliner khas Wakatobi ditampilkan di setiap stan," jelas Arhawi.


Laporan: Amran Mustar Ode

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations