SULTRAKINI.COM: Saat menstruasi wanita mengalami beragam keluhan, mulai dari kram perut, mual, sakit kepala, nyeri, perut kembung, pegal-pegal hingga gangguan mood. Namun selain keluhan tersebut, susah buang air besar (BAB) juga kerap dikeluhkan banyak wanita saat menstruasi.
Sulit BAB Saat Sedang Menstruasi? Ini Penyebab
Wanita yang sedang menstruasi sering mengeluhkan kesulitan buang air besar (BAB) yang disebabkan prostaglandin, senyawa yang memicu kontraksi rahim. (Foto: Style Craze)

Dilansir dari Health, Jamile Wakim-Fleming, ahli pencernaan dari Cleveland Clinic di Ohio mengungkapkan, sebanyak 50% wanita mengalami masalah pencernaan saat menstruasi. Penyebabnya adalah prostaglandin, senyawa kimia yang memicu uterus atau rahim berkontraksi.

Kondisi ini menyebabkan rahim secara efektif mendorong darah keluar. Selain itu, protaglandin juga berpengaruh pada pencernaan. Biasanya, produksi prostaglandin yang berlebihan memicu diare sehingga sebagian wanita ada yang mengalami diare saat menstruasi.

Menstruasi juga disertai dengan perubahan kadar hormon seksual yakni progesteron dan esterogen. Perubahan kedua hormon ini membuat pencernaan menjadi lambat. Akibatnya, sebagian wanita mengalami susah buang air besar. Meski demikian, hal ini bisa diatasi dengan mudah. 

Diet kaya serat, seperti sayur dan buah-buahan dipercaya dapat mengatasi masalah pencernaan saat menstruasi. Selain itu, hal ini juga harus diimbangi dengan olahraga agar sistem pencernaan berjalan lebih lancar.


Sumber: sindonews.com

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations