Iklan Clarion

Tahapan Ulang Pilrek UHO, Lima Orang Resmi Mandaftar

SULTRAKINI.COM:KENDARI – Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Halu Oleo (UHO) resmi diulang. Pengulangan tahapan Pilrek ini sesuai surat perintah Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti). Pada kelanjutan Pilrek UHO, sebanyak lima orang calon telah mendaftar.

Lima nama bakal calon Rektor UHO tersebut yakni Dr. Muhammad Zamrun, Profesor Buyung Sarita, Profesor La Sara, Profesor Nur Lansi dan calon yang baru mucul dalam busra Pilresk Dr. Aidin.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor UHO, Hilaluddin Hanafi mengatakan, selain Dr. Aidin berkas bakal calon lainnya tidak dipersyaratkan lagi karena mengacu pada verifikasi berkas pada tahapan Pilrek UHO sebelum diulang.

Pada proses ini, penyerahan berkas administrasi bagi calon dibuka hingga pukul 16.30 Wita sore hari ini, Kamis (3/11/2016). Sementara itu untuk verifikasi berkas akan dilakukan besok Jumat (4/11/2016) sekaligus dirangkaikan dengan pembacaan visi-misi para bakal calon.

“Mereka (empat calon pilrek sebelumnya) sudah tidak dipersyaratkan lagi karena berkasnya sudah masuk. Batasnya masih ada bentar sore jadi bisa berubah jumlah,” kata Hilaludin pada SULTRAKINI.COM

Hilaludin juga menjelaskan untuk calon Rektor Profesor La Rianda Baka, hingga saat ini belum ada informasi rencana keterlibatannya dalam Pilrek tersebut. Diketahui, calon yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik itu memperoleh 12 suara pada tahapan Pilrek Juni 2016 lalu.

“La Rianda belum mendaftar sampai saat ini. Yang jelas panitia sudah sampaikan undangan ke 173 orang yang berhak menjadi calon balon,” jelas Hilaluddin.

Selain pengulangan tahapan Pilrek, Kemenristekdikti meminta menataan ulang atas keanggotaan senat sebagaimana diatur dalam Statuta dan OTK UHO. Melaksanakan kebijakan ini, sebanyak 20 anggota senat dinyatakan keluar dari 117 anggota senat pada Pilres sebelum diulang.

Anggota senat yang keluarkan terdiri dari tujuh anggota senat  berasal dari UPT non akademik dan 13 anggota senat yang berasal dari unit organisasi  yang tidak tercantum dalam OTK.

Untuk pemilihan Rektor UHO selanjutnya, sebanyak 97 anggota senat dinyatakan sesuai aturan dan memiliki suara sah dalam Pilrek UHO yang akan digelar 14 November 2016 mendatang.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.