Tiga Jenis Sayur Naik Harga, Cabai Rawit Turun Harga

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sejumlah komoditi sayuran mengalami kenaikan harga di pasar tradisional Mandonga, Kota Kendari, sejak Maret 2017.

Kenaikan terjadi pada sayuran jenis kentang dari Rp 15 ribu per kilogram menjadi Rp 20 ribu perkilogram, tomat Rp 8 ribu per kilogram menjadi Rp 15 ribu perkilogram sedangkan bawang putih dari harga Rp 40 ribu per kilogram menjadi Rp 45 ribu per kilogram.

Berbeda dengan cabai rawit yang justru mengalami penurunan harga dari Rp 60 ribu per kilogram menjadi Rp 50 ribu per kilogram. Penurunan harga juga terjadi pada cabai besar dari Rp 30 ribu per kilogram menjadi 25 per kilogram.

Misalnya Muhammad Said (55), Seorang Penjual Sayuran di Pasar Tradisional Mandonga yang mengeluhkan ketidakstabilan harga tersebut. Menurutnya, faktor cuaca salah satu penyebab pasokan sayur mengalami kelangkaan.

“Perubahan harganya bertahap sekitar tiga hari atau empat hari yang lalu dan yang menyebabkan itu karena cuaca. Sehingga para pemasok yang dari luar daerah tidak bisa tiba tepat waktu,” katanya, Senin(17/04/2017).

Untuk sejumlah komoditi sayuran yang harganya masih stabil, yaitu wortel, sawi dan kol.

Laporan: Nova Aliza

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.