SUARA

Tips Mudik Aman dari Dirlantas Polda Sultra

SULTRAKINI.COM:KENDARI – Musim mudik tahun 2016 jelang perayaan hari Raya Idul Fitri 1437 H, nampaknya masih didominasi pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua untuk pulang ke kampung halaman.

Untuk menjamin keselamatan dan keamanan pemudik selama di perjalanan, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sultra, Kombes Pol Rudi Antariksawan memberikan tips khusus bagi pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua.

“Kondisi fisik dipersiapkan, perlengkapan kendaraannya juga, pastikan mesin motornya agar layak dijalan. Tidak ada gangguan pada rem, lampu dan pastikan ban tidak gundul,” tegasnya.

yamaha

Pemudik bermotor juga dihimbau agar tidak over capacity yaitu menggunakan sepeda motor melebihi beban, seperti barang bawaan yang mengganggu kestabilan serta boncengan yang lebih dari satu.

Bagi yang membawa anak kecil, harap diperhatikan keamanan dan keselamatannya. Sementara bagi yang memiliki balita disarankan mudik menggunkan roda empat.

Sebab, banyak kasus yang terjadi, bayi yang dipaksa mudik menggunakan kendaraan roda dua tewas dalam perjalanan dikarenakan sesak nafas dan kelalaian orang tua.

“Motor itu bukan untuk jalan jauh, yang dekat-dekat saja. Kalau pengendara motor ngantuk sebaiknya istirahat di pos-pos pengamanan di jalur mudik yang telah tersedia,” tutupnya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.