SUARA

USN Mulai Terapkan SNMPTN, Sejajar Kampus Negeri Lain

SULTRAKINI.COM : KOLAKA – Universitas Sembilanbelas November Kolaka, terus melangkah maju. Meski baru berumur satu tahun lebih perubahan statusnya dari swasta ke univeraitas negeri, kampus merah maron ini terus mengembangkan profesionalismenya. Salah satunya dalam penerimaan mahasiswa baru.

Wakil rektor I USN Kolaka, Prof. Ruslin Hadanu menjelaskan, mulai tahun 2016 pihaknya akan menggelar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

“Jadi tahun 2016 ini memang ada yang berbeda dalam penerimaan mahasiwa baru. Yang seperti dijelaskan tadi, akan ada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Dan di Sultra hanya kami dan Universitas Halu Oleo yang gunakan seleksi seperti ini,” katanya, Senin (25/01/2016).

yamaha

Hal ini pun dipertegas oleh Rektor USN Kolaka, Dr. Azhari, program ini sesuai dengan Peraturan Menteri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Permen Ristek Dikti).

“Ini sesuai dengan Permen Ristek Dikti nomor 1 tahun 2016. Jadi bukan kami yang buat-buat. Kalau syarat, mereka yang lulus atau berasal dari SMA terakreditasi A, besar kemungkinan akan diterima, ya sekitar 70 persen lah,” tegasnya.

Untuk tahun 2016, USN Kolaka akan membuka formasi pendaftaran sebanyak 2500 mahasiswa. “Itu secara umum yang terdiri dari 30 persen seleksi dari jalur mandiri, 40 persen diseleksi dari jalur SNMPTN dan 30 persen lagi dari jalur SBMPTN. Seperti itu sistem yang akan digunakan. Saya yakin lah kalau memang anak-anak kita di Kolaka belajar dengan giat bisa bersaing dengan mereka yang dari luar untuk gunakan jalur SNMPTN,” terang rektor.

Laporan: Suparman Sultan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.