9 Daerah Pertaruhkan Integritas di Lomba Tingkat Pramuka IV

  • Bagikan
Pembukaan lomba Tingkat (LT) Pramuka IV di Kota Kendari dari sembilan Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka perwakilan kabupaten dan kota se-Sulawesi Tenggara. (Foto: Gugus Suryaman/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sebanyak sembilan Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka perwakilan kabupaten dan kota se-Provinsi Sulawesi Tenggara mengikuti Lomba Tingkat (LT) Pramuka IV di Kendari, Rabu (12/7/2017). Mereka mempertaruhkan integritas daerah masing-masing untuk berebut menjadi wakil Sultra pada LT V di Cibubur Jakarta Oktober 2017 nanti.

Kesembilan daerah itu adalah Kota Kendari, Baubau, Kabupaten Kolaka, Kolaka Timur, Muna, Muna Barat, Buton Utara, Konawe Utara, dan Wakatobi. Ketua Dewan Kerja Daerah (DKD) Sultra, Aryo Wirasetiawan menjelaskan, delapan daerah lain tidak mengutus wakilnya karena tidak mempersiapkan diri dengan pelaksanaan LT III di kabupaten masing-masing. Sebab peserta lomba di tingkat yang lebih tinggi harus pemenang di jenjang sebelumnya.

Kegiatan ini merupakan agenda lima tahunan, yang melibatkan peserta tingkat Pramuka Penggalang atau usia Sekolah Menengah Pertama (SMP). LT memperlombakan berbagai jenis, diantaranya keterampilan kepramukaan dan manajerial, bela negara, keterampilan hidup dan kewirausahaan, seni dan budaya bangsa, serta teknologi informasi, yang semua terbagi dalam 36 item lomba.

Ketua Panitia LT IV Sultra, Tri Endaryuni Lestari mengatakan, kegiatan dimulai sejak Selasa, 11 Juli 2017. Namun efektif dilaksanakan pada 12-16 Juli 2017. Mencakup kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, serta acara pelengkap.

Baca:   Reserse Narkoba Polda Sultra Amankan Pengedar 2.555 Tablet Mumbul

“LT ini adalah ajang paling bergengsi di tingkat penggalang. Pertaruhan integritas. Kalau kegiatan seperti Jambore hanya pesta. Di sinilah tolak ukur keberhasilan pembinaan di Gugus Depan. Makanya mereka jor-joran mempersiapkan ikut kegiatan ini,” katanya.

ibu alimazi

Wanita berjilbab yang akrab dengan sapaan Kak Tri ini juga menyayangkan beberapa daerah yang tidak melaksanakan jenjang kegiatan ini.

Ketua Kwartir Daerah (Kwarda), Irawan Laliasa menegaskan, peserta lomba harus pemenang lomba sebelumnya. Peserta harus mengikuti kegiatan dari awal. Irawan berpesan kepada panitia agar tidak mengakomodir peserta yang masuk setelah berjalannya lomba.

“Jadi yang diberangkatkan ke LT V hanya satu regu putra dan satu putri diantara peserta sembilan Kwarcab yang ikut sekarang ini. Tidak ada lagi regu yang masuk belakangan. Saya berharap mengutamakan sportifitas,” ujarnya.

Laporan: Gugus Suryaman

  • Bagikan