ASR dan SIC Kolaborasi Penuhi Pendidikan Anak-anak Pesisir di Konsel

  • Bagikan
Relawan SIC dan ASR mengajar anak-anak pesisir di Desa Watu-watu, Kabupaten Konawe Selatan. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: Komunitas Aku Sahabat Rakyat (ASR) menjaring komunitas-komunitas milenial sebagai wujud tanggung jawab sosial dan kontribusi nyata, salah satunya kolaborasi dengan Sultra Island Care (SIC) mengajar anak-anak pesisir Desa Wawatu, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara.

Kepedulian relawan ASR binaan Mayjen (Purn) Andi Sumangerukka dalam bidang pendidikan diwujudkan untuk membantu membangun karakter anak sejak dini serta membantu mereka mengembangkan potensinya.

Ketua SIC, Sarmawan Muin, menjelaskan SIC merupakan komunitas yang bergerak di bidang pendidikan dengan memberikan pendidikan khusus warga pesisir yang memiliki keterbatasan untuk mendapatan pendidikan formal.

“Kami berdiri sejak 2017 dan ada beberapa wilayah pesisir binaan kami salah satunya di Desa Wawatu,” ujarnya saat mengajar di Desa Wawatu (3/10/2021).

Pria akrab disapa Mawan itu mengaku, dalam mengajar dan berbagi inspirasi bersama anak pesisir, SIC tidak sendiri. Pihaknya bersama ASR berkolaborasi untuk membantu memberikan pendidikan formal bagi anak-anak di daerah pesisir.

“ASR kini bergabung bersama SIC karena kami memiliki tujuan sama dengan di bidang sosial, salah satunya memberikan pendidikan layak kepada seluruh masyarakat khususnya pesisir dan wilayah pesisir terpencil. Kami berharap niat ASR bisa konsisten untuk bersama-sama SIC mewujudkan tujuan tersebut,” ucapnya.

Baca:   Andi Sumangerukka: Kita akan Selalu Hadir Bersama Masyarakat Sultra

Relawan ASR, Yuda mengatakan keterlibatan ASR dalam kegiatan SIC adalah bentuk konsistensi komunitas yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan.

“Sesuai amanah Dewan Pembina ASR Bapak Andi Sumangerukka, setiap relawan masuk ke dalam sendi-sendi masyarakat agar dapat berbaur bersama masyarakat. SIC salah satu jembatan ASR untuk berkontribusi langsung kepada masyarakat,” singkatnya. (C)

Laporan: La Niati
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan