11 April Mendatang Sultra Salurkan Beras Sejahtera

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Beras Miskin (Rakin) atau Beras Sejahtera (Rastra) akan disalurkan 11 April 2017 mendatang. Untuk itu, Perum Bulog Divisi Regional Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai mengsosialisasikan sekaligus launching nama baru Rasta di waktu yang sama.

“Jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada 2017 sebesar 154.675. Dengan jumlah pagu  rastra per bulan sebesar 2.320.125 kilogram. Secara keseluruhan pagu rastra per tahun sebesar 27.841.500 kilogram,” terang Kepala Divre Bulog Sultra, La Ode Amijaya Kamaluddin, Jumat (7/04/2017).

Rasta disalurkan terhitung Januari hingga April 2017 sebagai akibat keterlambatan data penerima di setiap kabupaten/kota. “1 April lalu itu Kementerian Sosial sudah menggulirkan data rastra, namun masih dalam tahap pemuktahiran, aru sekarang selesai datanya dan Selasa depan akan dilakukan sosialisasi tentang penyaluran rastra,” ujar Amijaya.

(Baca: Penyaluran Raskin Terkendala By Name By Address)

Sementara itu, terdapat pengurangan dan penambahan data penerima rastra di beberapa kabupaten/kota di Sultra seiring naik turunnya masyarakat miskin di setiap daerah. Misalnya penambahan terjadi karena adanya pemekaran wilayah di beberapa kabupaten kota sehingga terjadi penambahan bantuan tersebut.

“Modelnya masih sama yaitu by name by address. Harganya tetap 1.600 per kilogram untuk masyarakat yang ingin membeli,” jelasnya.

Laporan: Nova Aliza

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.