SUARA

30 Personil Tagana Konkep Dikukuhkan

SULTRAKINI.COM: SULTRAKINI.COM – Wakil Bupati Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Andi Muh Lutfi resmi mengukuhkan 30 personil Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Halaman Kantor Bupati, Senin (31/10/2016).

Dalam pengukuhan ini, para Tagana menujukkan kemampuan penanganan pada korban bencana yang tak sadarkan diri karena pinsan, dalam sebuah simulasi.

Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial, Hendra Tambera mengatakan, personil Tagana direkrut sejak 2015. Mereka telah melalui tahapan pendidikan dasar tentang pelatihan selter atau penampungan sementara, psikososial, PBB, pelatihan tanggap darurat.

Belum lama ini mereka juga telah dilatih Tagana Muda oleh tim khusus Tagana dari Provinsi Sultra dan unsur TNI Korem 143 Halu Oleo di Wonua Monapa. Personil Tagana yang dikukuhkan ini terdiri dari berbagai latarbelakang ilmu seperti alumni kesehatan, pertanian, guru dan disiplin ilmu lainnya.

yamaha

“Hari ini mereka dikukuhkan dan mulai hari ini resmi bekerja melakukan monitoring kesiagaan bencana. Untuk daerah rawan bencana adalah tugas BPBD, jadi kami di Dinsos hanya menunggu koordinasi BPBD,” jelasnya.

Nantinya, kata Hndra, Tagana akan bekerja memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang musti dilakukan ketika terjadi bencana. Selain itu Tagana juga melakukan penanganan langsung di tempat kejadian bencana serta melakukan upaya pemulihan pasca bencana.

Dijelaskan juga, untuk peralatan penunjang kinerja Tagana dalam penaganganan bencana, pihaknya telah menyiapkan satu unit mobil dapur umum, beberapa jenis tenda serta tempat tidur darurat.

“Untuk honor personil Tagana menggunakan dana tali asih atau honor sehingga ini bisa juga disheringkan dengan honor daerah,” ungkapnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.