SULTRAKINI.COM: BUTON - Teluk Pasarwajo bakal dilengkapi Dive Center atau pusat kantor penyelaman oleh Dinas Pariwisata Buton, Sulawesi Tenggara. Pembangunan di Desa Banabungi, Kecamatan Pasarwajo ini, guna mengeksplor potensi wisata bahari yang ada di Buton.

Akan Hadir 'Wajah Baru' di Teluk Pasarwajo Untuk Menggaet Wisatawan
Persiapan lokasi pembangunan Dive Center di Teluk Pasarwajo Desa Banabungi, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sultra. (Foto: La Ode Ali/SULTRAKINI.COM)

"Mengenai Perdanya, nanti kita akan buat, jadi akan ditarik retribusi bagi pengunjung yang masuk," kata Kepala Dinas Pariwisata Buton, Zainuddin Napa, Kamis (7/12/2017).

Dive Center dibanguna di atas lahan seluas 1,5 hektar. Bangunan nantinya dilengkapi sejumlah fasilitas umum, berupa penginapan, cafe, restoran, lokasi penyelaman, dan dermaga sebagai tempat bersandarnya kapal, serta fasilitas lainnya dengan menggunakan anggaran pendapatan belanja nasional (APBN) 2018 senilai Rp 10 miliar. Untuk tahap pertama dari tiga kali tahapan, dana dikucur senilai Rp 1,5 miliar.

"Kita bangun nanti tidak sekaligus, tapi tiga tahap, tahap pertamanya itu 1,5 miliar. Jadi nanti kita juga akan mendirikan monumen patung ikan mandarin atau mandarin fish yang terbuat dari logam, sebagai ikonnya Buton yang dibuat sebagai lambang dari daerah penghasil ikan yang letaknya sangat strategis bagi wisatawan," kata Zainuddin.

Untuk menunjang pembangunannya, saat ini, pihaknya sedang mempersiapkan pembebasan lahan warga 40x100 meter. Sebab, masih ada sejumlah lahan warga yang belum dibebaskan untuk pembangunan Dive Center.


Laporan: La Ode Ali

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations