SULTRAKINI.COM: KENDARI - Sukses dalam segala hal merupakan impian setiap orang. Begitu juga ingin sukses di era masyarakat ekonomi Asean (MEA). Hal ini tentunya diperlukan giat-giat tertentu atau kunci sukses saat berada di masa itu.

Alumni Perlu Tahu, Enam Kunci Sukses Berada di Era MEA
Foto bersama civitas akademika UMK bersama pemateri seminar internasional dari Inggris dan Malaysia. (Foto: Dok.UMK/SULTRAKINI.COM)

Dalam seminar internasional Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) pada 21 Oktober 2017, tiga pemateri dari dua negara memberikan kunci sukses menjadi sumber daya manusia yang berkompeten di era MEA.

Bertemakan preparing human resources for global entrepreneurship atau menyiapkan sumber daya manusia untuk kewiraswastaan global, Prof. Graham Murray dari Inggris selaku Kepala HRD di perusahaan minyak Azerbaijan, mengangkat isu pentingnya mempersiapkan sumber daya manusia yang kompetitif di era MEA. Kata dia, untuk mempersiap diri di era itu perlu dipersiapkan keterampilan kerja, menguasai bahasa asing, kerja keras, pengetahuan, dan sopan santun (Akhlakul Karimah).

Kunci sukses berikutnya juga datang dari Prof. Dr. Abdulrahman Bin Ayub bersama Muh. Taufik asal Malaysia yang menilai, keterampilan kerja sangat penting dalam persaingan dunia kerja dan hal itu bisa dipersiapkan sejak di bangku perkuliahan. Mahasiswa tidak hanya diberi teori di dalam kelas, namun juga dibekali jiwa berwirausaha sebelum memasuki dunia kerja.

"Kami hadirkan Prof. Graham Murray membidangi skill dalam dunia kerja, agar mahasiswa tahu perbedaan dunia kerja luar dan dalam negeri," kata Rektor UMK, Muhammad Nur, Sabtu (21/10/2017).

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik UMK, Yamin, ujuan diselenggaranya seminar juga mempersiapkan alumni UMK go International.

"Setelah dilaksanakannya kuliah kerja amaliah (KKA) di Thailand, langsung ada tawaran magang atau kerja untuk alumni UMK di Thailand," ujar Yamin kepada SultraKini.Com.


Laporan: Firmansyah Asapa

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations