SUARA

Bupati Koltim Urus Jamban Warga

SULTRAKINI.COM: Bupati Kolaka Timur (Koltim), Drs H Tony Herbiansyah MSi, terpaksa mengurus jamban warga yang belum memenuhi syarat sehat. 

“Tahun depan, semua rumah di Kolaka Timur, sudah harus memiliki jamban yang sehat. Ini menjadi tugas kita semua, terutama Dinas Kesehatan,” ujar Tony dalam acara penyerahan bantuan sarana dua supply sanitasi atau alat pencetak jamban dan tiga mesin fogging kepada tiga puskesmas, di halaman Kantor Dinas Kesehatan Koltim, Selasa (11/10).

Menurutnya, adanya jamban yang sehat  mencerminkan masyarakat Koltim sudah mampu menerapkan perilaku hidup yang bersih dan sehat.

Tak hanya itu, jika jamban masyarakat sudah memenuhi standar sehat, tak akan merepotkan lagi pihak pemerintah ketika menggelar berbagai kegiatan. Baik kegiatan tingkat kabupaten, maupun provinsi.

“Selama ini kan, kalau kita adakan lomba dalam satu desa atau kelurahan seperti P2WKSS, salah satu yang harus kita benahi adalah persoalan jamban. Tapi kalau sudah sesuai standar, maka tidak perlu lagi kita bikin mendadak,” jelasnya.

yamaha

Tony berharap kepada Dinkes Koltim, untuk menganggarkan lebih banyak kegiatan fisik pada 2017, seperti peralatan puskesmas yang saat ini kurang memadai.

“Saya ingin, tahun anggaran 2017 mendatang, Dinkes harus menganggarkan lebih banyak untuk pembangunan fisik. Seperti, ranjang puskesmas. Kalau ranjang puskesmas bagus dan bersih, itu juga bisa merangsang pasien untuk lebih cepat sembuh,”ujarnya.

Puskesmas yang menerima cetakan jamban kali ini adalah Puskesmas Lambandia dan Dangia. Sedang Puskesmas Tirawuta, mendapat mesin fogging.

Laporan: Hasrianty

Editor: M Djufri Rachim

         

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.