Iklan Clarion

Dinas Perikanan Kendari Sibuk Pembersihan hingga Timbun Jalan Demi Sambut Jokowi

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Kendari mendadak sibuk pada Jumat (1/3/2019). Sebabnya, agenda kunjungan kerja Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), ke Kendari yang rencananya dua hari, 1-2 Maret 2019, dijadwalkan akan mampir di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Sodoha. Di sana, Jokowi akan melihat aktivitas nelayan setempat serta berdialog dengan para pedagang ikan.

Para pegawai di instansi itu pun sibuk melakukan berbagai persiapan menyambut orang nomor satu di Indonesia. Mulai dari pembersihan sekitar dermaga pelelangan ikan, merapikan barang yang berserakan, hingga menimbun jalanan tempat air tergenang.

“Jadi hari ini kami telah melakukan persiapan segala sesuatunya, bekerjasama dengan Bapak Wali Kota Kendari untuk kedatangan Joko Widodo. Diantaranya melakukan pembersihan di sekeliling dermaga, menimbun jalan yang terendam air, dan merapikan barang-barang berserakan yang menghalau jalan,” terang Kadis Perikanan dan Kelautan Kota Kendari, Agus Salim Safrullah, Jumat (01/03/2019).

Seperti terlihat di TPI Sodoha, selama ini tampak berantakan, becek, kumuh dan beraroma busuk. Para pedagang ikan maupun sayuran di pasar pagi tersebut berjejal di sepanjang jalan hingga ke dalam tempat pelelangan yang telah disediakan. Berbaur dengan pembeli yang berdesakan di area sempit, ditambah parkiran kendaraan yang bertumpuk di kawasan tersebut.

Jokowi dijadwalkan tiba di Kendari pada Jumat (1/3/2019) malam, lalu beristirahat di salah satu hotel kenamaan di Kendari. Sabtu (2/3/2019) pagi, Jokowi akan berjalan sehat dengan warga Sultra di kawasan MTQ Square (Tugu Persatuan), kemudian dilanjutkan kunjungan kerja di TPI Sodoha pada pukul 08.30 Wita.

Agus Salim membeberkan, setelah melihat aktivitas nelayan saat membongkar ikan di dermaga, Jokowi akan melakukan dialog bersama nelayan yang berada di kapal, kemudian beralih ke tempat pemasaran ikan, dan terakhir akan ditutup dengan dialog singkat bersama para pedagang dan masyarakat untuk penyerahan bantuan ekonomi mikro.

“Bantuan ini akan diserahkan ke kelompok penerima bantuan yang terdiri dari para nelayan dan masyarakat umum, melalui Menteri Keuangan Sri Muliani yang akan mendampingi Bapak Presiden esok ini,” tutupnya.

Laporan: Muhamad Akbar Ali, Ade Putri, Ulul Azmi
Editor: Gugus Suryaman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.