000 HPN Prov

Disdukcapil Mubar Mulai Perekaman KTP-el ke Siswa

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Muna Barat akan road show perekaman KTP-el tingkat SMA se-Kabupaten Muna Barat. Hal ini juga dilakukan bagian dari program ‘jemput bola’, Kamis, (1/2/2018).

Kepala Dinas Kependundukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Mubar, Alimin Ole menjelaskan kegiatan ini merupakan asas pelayanan untuk ‘jemput bola’ bagi masyarakat untuk melakukan perekaman KTP-el. Bukan lagi pihaknya menunggu warga di kantor untuk hal itu.

“Kedepanya pihaknya akan terus menyambangi semua sekolah SMA sederajat di Muna Barat untuk perekaman KTP-el. Siswa hanya menunjukkan fotokopi kartu keluarga atau surat keterangan dari desa atau kelurahan bagi pelajar kalau orang tuanya belum memiliki kartu keluarga. Di dalam KK itu sendiri sudah ada NIK masing-masing, setelah itu langsung dilakukan perekaman dan pendataan,” kata Alimin.

Nantinya para pelajar ini akan berikan surat bukti bahwa sudah melakukan perekaman KTP-el untuk tahap percetakkan.

“Hanya direkam dulu kemudian diinput datanya untuk dikirim secara online ke Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri untuk dicocokan datanya. Perkiraan waktu perekaman ini paling cepat satu minggu dan paling lama satu bulan,” terang Alimin. 

Kegiatan perekaman KTP-el dijadwalkan 2 Februari 2018 di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Barangka, Kecamatan Barangka Desa Bungkolo. Tak hanya SMA, sekolah lain seperti SMK dan Madrasah Aliya juga akan dilakukan perekaman yang dilakukan secara gratis. 

Pihaknya menargetkan akan melakukan road show di setiap desa di wilayah itu.

Laporan: Akhir Sanjaya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.