Iklan Clarion

Dua Balon Perseorangan Bombana, Gagal Penuhi Syarat Calon

SULTRAKINI.COM: BOMBANA – KPUD Kabupaten Bombana resmi menggelar rapat pleno hasil rekapitulasi dukungan perbaikan bakal pasangan calon perseorangan untuk pilkada Bombana, Jumat (21/10/2016).

Dua bakal calon (Balon) yang mengunakan jalur perseorangan pilkada Bombana masing-masing, Atikurahman – Achmad Nompa (Armada) dan Muhamad sahir – Kaharuddin (Sangkar) dinyatakan tidak mampu memenuhi ketetapan standar minimal, sebagai syarat dukungan calon perseorangan untuk maju di Pilkada Bombana 2017.

Dari standar yang disyaratkan KPUD Bombana sebanyak 10.745 dukungan KTP,  Pasangan Armada hanya mampu mengumpulkan 7.158 dukungan KTP yang sah, sebagaimana hasil verifikasi faktualisasi di lapangan. Demikian pula dengan capaian dukungan Balon Sangkar. Dari standar minimal syarat calon perseorangan, pasangan ini hanya mampuh memenuhi 9.954 dukungan sah.

Rapat pleno rakapitulasi perbaikan dukungan balon perseorangan ini, digelar di Kantor KPUD Bombana. Dihadiri lima komisioner KPUD Bombana, Panwas Bombana, para Panitia pemilihan Kecamatan (PPK), serta utusan dari dua bakal calon perseorangan Bombana.

Kordinator Divisi Tehnik Kepemiluan KPU Kabupaten Bombana, Ashar, SP mengatakan pleno rekapitulasi hari ini, hanya membacakan hasil verifikasi faktual dukungan calon yang sudah dilakukan oleh PPS dan PPK. Sementara penetapan nanti, akan dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2016 nanti

“Pleno ini cuma menyimpulkan hasil rekapitulasi dukungan perbaikan dari  pasangan calon perseorangan yang sudah di verifikasi secara faktual oleh PPS dan PPK kami. Sementara penetapannya itu nanti 24 Oktober,” ujar ashar

Seperti diberitakan sebelumnya, pada verifikasi faktual tahap pertama, (September lalu, sebelum perbaikan dukungan) pasangan Atikurahman-Achmad Nompa, hanya memenuhi 5.515 dukungan yang sah dari pengajuan 11.290 dukungan KTP.

Sementara Pasangan Muhamad sahir- Kaharuddin dari 13. 762 dukungan KTP yang diajukan, hanya 8. 732 dukungan memenuhi syarat.

Sedangkan pada tahap kedua atau perbaikan dukungan dibulan Oktober ini. Pasangan Armada dari 11. 034 KTP  yang diajukan, hanya 1.621 dukungan yang dianggap memenuhi syarat. Sementara pasangan Sangkar dari 7.017 yang diajukan  hanya 1.222 dianggap sah sebagaimana hasil faktualisasi di lapangan.

Dengan demikian, total akumulasi jumlah dukungan yang sah antara verifikasi faktual tahap pertama dan kedua (verifikasi perbaikan), kedua pasangan calon perseorangan Bombana, tidak satupun memenuhi standar minimal ketetapan KPUD Bombana yakni 10% dari jumlah DPT atau sebanyak 10.745 Dukungan KTP.

“Hasil Rekapitulasi untuk jumlah dukungan akhir yang memenuhi syarat, pasangan Atikurahman-Achmad Nompa hanya memenuhi 7.158 dukungan. Sementara Muhamad Sahir-Kaharuddin hanya 9.954 dukungan,” ujar ketua KPUD Bombana saat bacakan hasil pleno rekapitulasi calon perseorangan di Pilkada Bombana.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.