Iklan Clarion

Gandeng Asosiasi UMKM Sultra, Bapeda Buteng Dorong UKM Lebih Produksif

SULTRAKINI.COM: BUTENG – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Buton Tengah (Buteng) menggandeng Asosiasi UKM Propinsi Sultra untuk membina UKM Buteng guna meningkatkan kualitas produksi.

“Kami adakan kerjasama dengan Asosiasi UKM Propinsi Sultra untuk mengadakan pelatihan dan pembinaan pada UKM yang ada di Buteng sehingga dapat meningkatkan produksi kedepannya karena selama ini masyarakat belum terlalu tahu bagaimana cara mengelola dengan baik,” kata Kepala Bapeda Buteng, Asmaruddin saat ditemui SULTRAKINI.COM diruang kerjanya Jum’at (9/12/2016) siang.

“Seperti pengelolaan jambu mete yang selama ini mereka hanya tahu digoreng saja, tapi dengan adanya pelatiahan ini bagamana jambu mete itu dikelola berbagai rasa oleh UKM dan kedepannya akan dikemas sebagai brand Buteng,” tambah Asmaruddin.

Menurutnya hasil yang ada didaerah kita kedepannya tidak boleh lagi dikelola daerah lain bahkan atas nama daerah lain Buteng harus keluarkan atas nama daerah sendiri.

“Bahkan saya sudah memberitahu Ketua Asosiasi UKM Sultra ini kedepannya Buteng tidak mau hasil disini dikelola oleh daerah lain atas nama daerah lain juga, kami harus keluar atas nama Buteng sendiri, sehingga kedepannya Buteng dikenal masyarakat luas,” tegasnya.

“Jadi jambu mete kita itu kualitas nomor 1 didunia sekali pun sacara keseluruhan negara Indonesia adalah negara ke 4 pengekspor di dunia. Tetapi kalau kualitas kita yang nomor 1, Masa brand negara lain yang dipakai padahal kualitas kita yang teratas,” tambahnya.

Oleh karena itu, kata Asmaruddin, UKM Buteng harus meningkatkan kualitasnya produksinya sehingga dapat bersaing dan kalau masalah pemasaran jangan terlalu kuatir Pemda akan menfasilitasi.

“Jadi, tugas UKM tinggal meningkatkan kualitas produksinya dan nilai tambahnya produksinya sehingga menarik dan pemda siap menfasilitasi itu,” jelasnya.

Asmaruddin mengharapkan agar dinas terkait bisa memaksimalkan kegiatan ini kedepannya karena daerah Buteng memiliki potensi besar.

“Ini adalah awal satar kemudian akan dilanjutkan oleh dinas terkait. Namun kalau belum terpikirkan oleh pihak dinas maka Bappeda akan mendorong untuk kesana dan bersama menjalannkanya karena Buteng memiliki potensi besar seperti kualitas jambu mete no 1 didunia.

Reporter: Ali Mariati

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.