SULTRAKINI.COM: Kanker tenggorokan merupakan jenis kanker yang mengerikan. Penyebab kanker ini beragam, namun kebiasaan merokok dan minum alkohol merupakan penyebab paling tinggi. Kanker tenggorokan tergolong sulit dideteksi. Sebab gejalanya mirip sekali dengan radang tenggorokan biasa.

Gejala Kanker Tenggorokan yang Sering Diabaikan
Ilustrasi (Foto: Google)

Nah, untuk itu sebaiknya waspadai beberapa gejala kanker tenggorokan yang sering diabaikan oleh penderitanya berikut ini. 

1. Sulit menelan

Sulit menelan makanan maupun minuman bisa jadi adalah gejala awal dari kanker tenggorokan. Ada kemungkinan tumor dan perkembangan sel kannker telah tumbuh di bagian laring dan bagian tongsil. Jika gejala ini muncul sebaiknya anda melakukan pemeriksaan diri ke dokter. 

2. Batuk terus-terusan

Batuk terus-terusan bukan hanya gejala TB saja, Batuk yang terus terjadi dan sulit sembuh bisa jadi adanya peradangan tumor di tenggorokan anda. Jangan abaikan gejala ini dan segeralah melakukan chek up. 

3. Suara Berubah

Tumbuhnya tumor dan sel kanker di tenggorokan juga bisa menggangu pita suara anda. Suara anda pun bisa berubah mendadak. Jika ini terjadi anda wajib waspada dan jangan pernah mengabaikannya.

4. Gangguan pernafasan

Ketika terkena kanker tenggorokan maka proses bernafas akan disertai dengan suara atau bunyi. Bukan hanya itu saja, gejala lainnya juga bisa muncul seperti kesulitan bernafas.


Sumber: Goldokter.com

IKLAN KPU IKLAN LION

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations