SUARA

Generasi Muda Butur Kampanyekan Gerakan Bersih Lingkungan

SULTRAKINI.COM: BUTUR – Puluhan anak muda yang tergabung dalam Generasi Buton Utara Pencinta Lingkungan (Gebpenli) menggelar bakti sosial di rumah ibadah dan lingkungan masyarakat Kapoenta, Kelurahan Bonelipu, Kecamatan Kulisusu, Minggu (4/9/2016). 

Disampaikan, Ketua Gebpenli, Heri Sidin saat ditemui SULTRAKINI.COM di Kapoenta, sejak dibentuk tahun 2015 lalu, Gebpenli sudah tiga kali melakukan gerakan bersih lingkungan, yakni di Desa Kadacua, Wasalabose dan Kapoenta. Kegiatan ini akan terus dikampanyekan, sehingga masyarakat merasa terpanggil untuk menjaga kebersihan lingkungannya. Bakti sosial ini terfokus pada pembersihan rumah ibadah (masjid) dan lingkungan masyarakat.

“Sengaja kami memilih masjid karena sudah dekat lebaran Idul Adha,” kata pria yang masih magang di Sekretariat DPRD Butur ini.

Ia menambahkan, gerakan bersih-bersih rumah ibadah ini juga melibatkan masyarakat setempat. Bahkan, Lurah Bonelipu, Ja’war dan anggota Koramil 04 Kulisusu, Serda Husni ikut membantu kegiatan tersebut.

yamaha

Selain pembersihan dan pengecetan tembok masjid, Gebpenli juga akan memasang terpal sebagai plafon sementara. Sebab, Masjid Hasbiqul Hairaq belum mempunyai plafon. “Memang ada permintaan dari teman-teman supaya kita pasangkan karoro (terpal). Kalau begini kan terbuka atasnya,” terangnya.

Kegiatan bakti sosial ini, kata Heri, akan terus berlanjut di Buton Utara. Tinggal bagaimana mengatur waktu yang tepat dengan anggota Gebpenli untuk menentukan lokasi berikutnya. “Teman-teman juga kan pada sibuk semua. Tinggal bagaimana kita mengatur waktu untuk kegiatan selanjutnya,” tandasnya.

Sementara Lurah Bonelipu, Ja’war menuturkan, pihaknya memberikan apresiasi kepada Gebpenli, karena telah berkontribusi dalam menjaga dan merapihkan rumah ibadah. “Alhamdulillah, berkat bantuan adik-adik dari Gebpenli, Masjid Hasbiqul Hairaq ini sudah berubah wajahnya. temboknya langsung cat,” ungkapnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan Gebpenli ini akan menjadi contoh bagi organisasi kepemudaan lainnya, termasuk warga Bonelipu agar menjaga kebersihan lingkungan dan pekarangan rumahnya. Sebab, kebersihan itu bagian dari iman.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.