Kabupaten Kolaka Raih Prestasi Terbaik di STQ 2017

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kafilah Kabupaten Kolaka berhasil meraih prestasi terbaik pada ajang Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ke-24 Tahun 2017. Pencapaian prestasi tersebut ditetapkan Dewan Hakim STQ Sultra setelah kabupaten Kolaka memperoleh nilai 35.

Berdasarkan daftar kejuaraan yang dibacakan sekretaris dewan hakim, H. Zainuddin MZ, pada acara penutupan STQ yang berlangsung Jumat (17/3/2017), di Auditorium Pesantren Ummusshabri, kabupaten Kolaka meraih enam emas, satu perak dan dua perunggu.

Enam emas tersebut masing-masing dipersembahkan Muhammad Arya Panca (Cabang Hifzh Al Quran golongan 1 Juz dan tilawah), Ali Imran Ibrahim (Hafizh golongan 10 Juz), Kamariah Suhra (Hafizhah golongan 10 Juz), Miftahul Rizkiyah Haling (Hafizhah golongan 20 Juz), Muhammad Fachrurrozi Zamzami (Hafizh golongan 30 Juz) dan Nur Afdhaliah (Hafizhah golongan 30 Juz).

Adapun 1 medali perak diraih Riki Suganda (Murattil Cabang Tilawah golongan Qiraat Sab’ah Murattal), sementara 2 medali perunggu dipersembahkan masing-masing oleh Syamsuddin (Qari Cabang Tilawah golongan dewasa), dan Halim Nawar Suhaeli (Hafizh golongan 5 Juz dan Tilawah).

Wakil Bupati Kolaka H. Muhammad Jayadin, mengungkapkan rasa syukur atas prestasi yang diraih tersebut. “Ini suatu keberhasilan yang didapat atas kerja keras selama ini, dan wajar sebab persiapan kami melakukan pembinaan sudah lama,” kata Jayadin, yang juga Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kolaka ini usai acara penutupan STQ XXIV Sultra, di Kendari, Jumat (17/3/2017) malam.

Berdasarkan hasil kejuaraan yang diraih, sambung Jayadin, maka Kolaka akan mengirimkan enam orang wakilnya untuk mewakili Provinsi Sultra pada STQ Nasional Juli mendatang di Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara.

Terkait hal itu kata dia, pihaknya berharap kepada Pemerintah Provinsi yang akan melakukan pembinaan terhadap peserta STQ Nasional agar dapat maksimal dan bersinergi dengan Kabupaten Kolaka, termasuk dengan pihak Kementerian Agama (Kemenag).

“Pada prinsipnya kami siap untuk bersinergi dengan provinsi untuk membina para peserta yang akan mengikuti STQ Nasional agar bisa mengharumkan nama baik daerah Sultra pada ajang nasional,” ujar Jayadin.

Ia menambahkan, terkait para juara pada STQ Sultra tersebut, pihaknya bakal membicarakan dengan pemerintah atau pemangku kepentingan seperti Bupati untuk memberikan reward. “Mereka telah mengharumkan nama Kolaka dalam ajang STQ Sultra ini, makanya tidak salah kami akan memberikan penghargaan dan bentuk perhatian kepada mereka,” imbuh Jayadin.

Senada dengan Wakil Bupati Kolaka, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kolaka, Hj. Andi Wahidah menuturkan keikutsertaan peserta kafilah Kolaka pada ivent STQ tersebut telah diawali dengan sejumlah persiapan.

Menurutnya, sebelum STQ digelar, pihaknya sudah melakukan persiapan melalui Traning Center (TC) atau pemusatan latihan. “Bahkan saat kafilah Kolaka tiba di Kota Kendari, tepatnya 2 hari sebelum pelaksanaan STQ yaitu pada 12 Maret, kami menggelar pemusatan latihan di Hotel Zenith Kendari,” jelas Andi Wahidah, seraya berharap agar prestasi yang telah dicapai dapat semakin ditingkatkan hingga dapat memberikan hasil terbaik di ivent STQ nasional mendatang. (sm)

Laporan: Inmas Kemenag Sultra

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.