Konawe Target Menuju Adipura Kirana

  • Bagikan
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat membawakan sambutan usai mengarak trofi Adipura dari Bandara Haluoleo ke Ibu Kota Unaaha, Kabupaten Konawe, Sultra. (Foto: Mas Jaya/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Sejak terbentuk sebagai Kabupaten Defenitif, Konawe sudah tiga kali meraih penghargaan Adipura. Adipura pertama diraih 24 tahun silam. Kedua dan ketiga diraih berturut-turut pada tahun 2016 dan 2017.

Preatasi adipura pemberian pemerintah pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup, menjadi hal dibanggakan Pemerintah Daerah (Pemda) dan warga Konawe.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa menuturkan adipura diraih dua kali dalam masa pemerintahannya bukan tanpa sebab. Ia mengungkapkan bagaimana kerasnya upaya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan warga Konawe dalam menata dan menjaga kebersihan Kota Unaaha.

“Subuh-subuh pegawai DLH sudah ada yang turun menyapu. Siang juga seperti itu. Bahkan sore sampai malam,” ujar Kery saat membawakan sambutannya di tribun sekretariat daerah, Kamis (3/8/2017).

Menurut dia, raihan atas penghargaan tersebut akan membuat pemerintah pusat semakin percaya dengan Pemda Konawe. Kata dia, itu sudah terbukti dengan banyaknya program nasional yang masuk di Konawe.

“Kita di Konawe patut bersyukur, karena sangat besar kepercayaan pemerintah pusat kepada kita. Makanya kepercayaan itulah yang kita jaga dengan tetap menorehkan prestasi seperti adipura,” terangnya.

(Baca juga: Bawa Pulang Adipura, Masyarakat Konawe Teriak ‘Lanjutkan’ Kepada Bupati)

Kery juga mengungkapkan, pihaknya akan menarget bisa meraih Adipura Kirana di tahun mendatang. Selama dua tahun belakangan, trofi adipura yang diraih baru sebatas Adipura Buana yang mengukuhkan Konawe sebagai kota layak huni. Sementara untuk Adipura kirana, penilaiannya akan lebih pada sisi meningkatnya ekonomi masyarakat.

“Kedepannya kita akan terget mendapatkan Adipura Kirana,” ucap Kery.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Bupati Konawe, Parinringi. Kata dia, dari lebih 500 kabupaten/kota yang ada di Indonesia hanya 101 yang mendapatkan penghargaan Adipura. Konawe menjadi salah satu peraih di dalamnya pada kategori kota kecil.

Atas capaian yang membanggakan itu, Parinringi mengucapkan terimakasih kepada pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Konawe. Kerja keras yang telah dua kali membuahkan hasil itu kata Parinringi perlu diapresiasi. Khususnya, dalam meningkatkan insentif yang diberikan kepada para pekerja.

“Kita berharap kedepannya akan ada kebijakan dari pemerintah tentang peningkatan honor para pegawai keberisihan kita,” pungkasnya. (ADV)

Laporan: Mas Jaya

  • Bagikan