SULTRAKINI.COM:BUTON TENGAH- Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Lianabanggai Kecamatan Mawasangka Tengah (Masteng) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) memperkerjakan 40 Buruh yang berasal dari dua kecamatan, yakni Kecamatan Masteng dan Mastim.

Koperasi TKBM Lianabangai Pekerjakan 40 Buruh
40 TKBM yang sedang membongkar muatan sembako di dermaga Masteng yang dipantau oleh Sekretaris Koperasi TKBM Lianabanggai Herman (Foto: Ali Tidar / SULTRAKINI.COM)

40 TKBM yang sudah mulai bekerja sebulan terakhir ini, telah memiliki penghasilan kurang lebih satu juta perorangnya.

"Penghasilan mereka sudah mencapai satu juta bahkan sudah lebih selama 15 hari ini," tutur Sekretaris Koperasi TKBM Lianabanggai, Herman saat dikonfirmasi Sultrakini.com via telepon, Kamis (30/11/2017).

Penghasilan itu didasari dari banyaknya kapal barang yang mengangkut semen, sembako serta jambu yang masuk setiap harinya. Setiap harinya kapal yang masuk sebanyak 3-4 unit kapal yang mayoritas dari Makassar.

Selain sudah memiliki penghasilan, 40 TKBM juga memiliki iuran pokok dan iuran wajib berdasrkan regulasi yang ada, dan harus dipenuhi setiap orangnya pada koperasi yang memperkerjakan mereka.

"Kalau sesuai dengan regulasinya, iuran pokoknya Rp250 ribu. Untuk iuran wajib perbulannya Rp50 ribu," tambah Herman.

Oleh karena itu, dengan hadirnya Koperasi TKBM Lianabanggai, pihaknya berharap selain menyerap tenaga kerja juga dapat mengurangi pengangguran dan menumbuh kembangkan usaha lain Koperasi TKBM di Lianabanggai.

"Sehingga kalau usaha koperasi sudah berjalan baik dan lancar, itu juga  akan berdampak pada kesejahteraan buruh yang tergabung dalam anggota koperasi," tandasnya.


Laporan: Ali Tidar

IKLAN KPU IKLAN LION

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations