Festival Pesona Budaya Tua Buton

KPUD Mubar: Tujuh Penyelenggara Pemilu Sakit Usai Rekapitulasi Suara

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Data KPUD Muna Barat (Mubar), sebanyak tujuh anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan PPS sakit usai proses rekapitulasi suara di TPS.

Ketujuh anggota KPPS tersebut, terdiri dari lima anggota KPPS dan dua anggota PPS. Mereka diduga sakit karena kelelahan saat penghitungan surat suara di tingkat TPS sedangkan dua anggota PPS kelelahan dan muntah-muntah.

Ketua KPUD Mubar, Awaluddin Usa belum memastikan jumlah mereka akan meningkat atau tidak. Namun yang pasti, pihaknya terus berkoordinasi dengan PPK dan PPS untuk melaporkan kondisi penyelenggara pemilu selama tahapan pemilu di wilayah itu. Data-data diterima KPUD Mubar nantinya, diteruskan ke KPU RI melalui KPU Sultra.

“Seperti disampaikan pimpinan KPU RI, bagi penyelenggara pemilu yang sakit akan diberikan santunan,” jelas Awaluddin kepada Sultrakini.com, Kamis (25/4/2019).

Awaluddin mengaku, nominal santuan belum diketahui besarannya untuk penyelenggara pemilu yangsakit, begitu juga metode penyalurannya. Tindakan saat ini dilakukan, mendata siapa saja penerima santuan kemudian disampaikan ke KPU RI.

“Saat ini baru Kecamatan Lawa, Napano Kusambi, Tiworo Utara, dan Sawerigadi melaporkan anggota KPPS dan PPS yang sakit, sedangkan kecamatan lain belum,” tambahnya.

PPK, PPS, dan masyarakatdiimbau melaporkan adanya penyelenggara pemilu sakit selama menjalankan tugas pemilu di wilayah masing-masing.

Berikut jumlah penyelenggara pemilu sakit saat mengawal tahapan pemilu diterima Sultrakini.com.

1. Ketua KPPS TPS 3 Desa Lalemba, Kecamatan Lawa, Wa Nadia
2. Anggota KPPS TPS 1 Desa Lalemba, Kecamatan Lawa, Syaifulah
3. Anggota KPPS TPS 3 Desa Latugho, Kecamatan Lawa, Risnawati
4. Anggota KPPS TPS 1 Desa Latawe, Kecamatan Napano Kusambi, Rugawati
5. Anggota KPPS TPS 2 Latawe, Kecamatan Napano Kusambi, Reni Yumarlin
6. Anggota PPS Desa Mandike, Kecamatan Tiworo Utara, Nirmawati
7. Anggota PPS Desa Nihi, Kecmamtan sawerigadi, Wa Diawati.

Laporan: Akhir Sanjaya
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.