Iklan Clarion

Pilkada Buteng Dijaga Sniper

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Pasukan anti anarkis dan sniper dari kepolisian mengamankan jalannya pemilihan kepala daerah di Kabupaten Buton Tengah hari ini (Rabu, 15 Februari 2017).

Selain itu, pasukan penjinak bom dan anti huru hara, serta 2 satuan setingkat kompi ikut memperkuat barisan anggota Polres Baubau yang disiagakan di daerah ini.

Kapolres Baubau AKBP Suryo Aji mengungkapkan hal itu kepada SultraKini.com di Buteng, Selasa (14/2/2017) siang.

Dengan kekuatan jumlah personil polisi demikian maka setiap tempat pemungutan suara (TPS) akan dijaga minimal satu polisi.

Buton Tengah menjadi fokus perhatian kepolisian sebab di wilayah ini sempat terjadi kekisruhan, sehingga membuat Kapolda Sultra ikut turun tangan menyelesaikan masalah.

Bukan hanya itu, dua hari menjelang hari pelaksanaan Pilkada, polisi setempat menangkap seorang anggota DPRD yang membagi-bagikan uang pada pemilih.

“Wa Ode Mariati (anggota DPRD Buteng dari PAN, Red) kita sudah amankan. Keduanya diduga membagi-bagikan uang untuk mendukung pasangan calon tertentu,” kata Kapolsek Mawasangka Tengah, Iptu Hardi Sido kepada SultraKini.com, Rabu (15 Februari 2017) pagi.

Sementara itu, Kapolres Baubau, Selasa kemarin ikut memantau proses distribusi logistik Pilkada. Ia bersama Plt Bupati Buton Tengah Ali Akbar, serta lima komisioner KPU Buteng dan Ketua Panwas Buteng Helius Udaya menyaksikan proses pengiriman logistik pilkada di kantor KPU Buteng.

Plt Bupati Buteng, Ali Akbar mengatakan siap membantu segala kendala dan kesiapan para penyelenggara dalam rangka menghadapi puncak pesta demokrasi di Buteng. 

“Kita koordinasi. Apakah surat suara sudah selesai didistribusi, dananya sudah dicairkan atau belum. Kaitannya juga dengan pengawasan di TPS,” ujar Ali Akbar.

Sejalan dengan itu, anggota KPU Buteng, Nuriadin menuturkan enam kecamatan di wilayah daratan Buteng seperti Mawasangka, Gu, Lakudo memang menjadi target akhir distribusi logistik. Meski baru disalurkan sehari sebelum pencoblosan, KPU memastikan seluruh logistik itu tiba tepat waktu. Sebab, prioritas utama adalah wilayah kepulauan seperti Talaga Raya, yang menyeberangi laut.

Laporan: Ali Tidar

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.