PT VDNI Salurkan Bantuan Air Bersih Untuk Warga Morosi

SULTRAKINI.COM : KENDARI – Sebanyak 168 kepala keluarga (KK), mendapat bantuan air bersih di Desa Purui, Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Bantuan tersebut diberikan oleh PT Virtue Dragon Nickel Industri (VDNI), sebagai bentuk kepedulian perusahaan bukan CSR. kepada masyarakat setempat.

Deputy Branch Manager PT VDNI, Nanung Achmad Chairillah Wijdan, mengatakan pemberian air bersih kepada warga sekitar perusahaan merupakan tanggung jawab sosial.

Namun ini bukan corporate social responsibility atau biasa disebut CSR. Pasalnya PT VDNI hingga kini belum melakukan produksi seperti yang telah dicanangkan.

“Sejatinya, CSR adalah tanggung jawab perusahaan atas dampak yang timbul dari keputusan dan aktivitasnya. Tujuannya adalah untuk menyumbang pada pencapaian pembangunan. Untuk sementara kami menggunakan anggaran yang ada,” ujar Nanung, Minggu (24/6/2018).

Nanung menambahkan, bantuan penyaluran air bersih baru ditempatkan pada satu desa. Sementara yang lain instalasi air bersih masih dirampungkan. Kendati demikian, pihaknya berharap semua desa disekitar perusahaan sudah bisa merasakan air bersih ditahun 2018.

“Kita semua yang siapkan. Ada beberapa desa itu bak penampungnya hasil dari anggaran dana desa, sehingga kami hanya membantu air dan bahan-bahan lainnya. Air bersih ini gratis tidak dipunggut biaya,” jelasnya.

Selain air bersih, lanjut Nanung, perusahaan juga sudah banyak memberikan bantuan kepada masyarakat. Mulai dari ganti rugi tambak ikan, pembangunan mesjid, rehabilitasi sekolah, dan saat ini yang sementara diupayakan adalah pembangunan jalan raya di pintu masuk PT VDNI.

“Sudah sepakat semua. Kita siap bangunkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Herlina salah satu warga desa setempat mengaku senang dengan adanya bantuan air bersih tersebut.

“Kalau dulu beli air, pemakaiannya juga harus kita atur tidak boleh boros karena air mahal. Sekarang sudah tidak lagi, karena sudah ada air dari perusahaan,” ucap Herlina.

Laporan : Wayan Sukanta
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.