Rasa BAB Selalu Muncul di Pagi Hari, Berikut Penjelasannya

  • Bagikan
Rasa BAB Selalu Muncul Di Pagi Hari. foto: berita.bbmessaging.com
Rasa BAB Selalu Muncul Di Pagi Hari. foto: berita.bbmessaging.com

SULTRAKINI.COM: Salah satu sifat alamiah tubuh adalah melakukan buang air besar (BAB). Umumnya hasrat buang air besar kerap timbul pada pagi hari, mengapa demikian? Fakta menunjukkan pagi hari merupakan waktu terbaik untuk BAB. Selain melancarkan sistem pencernaan, BAB rutin juga baik untuk kesehatan.

Menurut ahli gastroenterologis Dr. Sarina Pasricha, buang air pada pagi hari adalah waktu yang baik dan normal bagi manusia. “Pagi hari, saat pertama kali bangun tidur, manusia akan menerima panggilan alami untuk buang air besar,” ujar Dr. Sarina Pasricha, dikutip dari Fatherly.com, Kamis (22/11/2018).

Rupanya, alasan mengapa kebanyakan manusia buang air besar pada pagi hari karena organ tubuh bekerja tiga kali lebih kuat pada satu jam pertama setelah bangun tidur. Sementara waktu tidur menjadi momentum sempurna bagi usus besar dan usus kecil manusia bekerja mengola sisa makanan yang dikonsumsi seharian.

Lazimnya, setelah 30 menit kita bangun, dorongan buang air besar mulai muncul. Oleh karenanya, minum air putih saat bangun tidur sangat penting bagi kesehatan usus, untuk membantu proses tersebut.

Ada pula kebiasaan di pagi hari yang dapat mendorong kontraksi usus sehingga menimbulkan keinginan untuk buang air besar, di antaranya minum air putih, melakukan peregangan, dan minum kopi.

“Minum kopi pada pagi hari bekerja secara sinergis dengan motilitas usus untuk menciptakan gerakan usus yang sehat. Itu sebabnya mengapa minum kopi di pagi hari bisa menyehatkan usus dan melancarkan pencernaan,” tambahnya.

Menurut sebuah penelitian, kopi merupakan zat paling signifikan meningkatkan gerakan usus, bahkan 60 persen lebih kuat dibandingkan air hangat. Kafein bukanlah satu-satunya zat aktif dalam kopi yang membuat perut terasa mulas. Beberapa saat setelah kita meneguk kopi dan mencapai lambung, beberapa zat akan memicu pelepasan hormon tertentu. Hormon itu misalnya, motilin yang merangsang kontraksi usus, atau gastrin yang menyebabkan pelepasan asam di lambung. Itu sebabnya perut terasa mulas dan seperti ada desakan untuk BAB.

Buang air besar di pagi hari dapat memperlancar pencernaan, membuang sisa kotoran dan racun yang ada dalam tubuh. Bagi yang tidak nafsu makan saat pagi, ini merupakan solusi tepat karena dengan melakukan buang air besar di pagi hari, kita mengeluarkan sisa-sisa makanan yang ada di dalam perut sehingga saat selesai buang air besar, disitulah rasa lapar dan nafsu makan akan datang.

BAB di pagi hari bukan suatu indikasi bahwa sistem pencernaan seseorang lebih sehat. Tidak masalah jika ada sebagian besar orang tidak melakukan buang air besar di pagi hari, asalkan buang air besar bisa dilakukan setiap hari, yang bahaya, ketika seseorang tidak buang air besar dalam sehari atau bahkan berhari-hari, itulah yang perlu diwaspadai.

Dari berbagai sumber
Laporan: Hariati

  • Bagikan