SUARA

Sultrakini.com Inisiasi Penyusunan e-Planning Bappeda Koltim

SULTRAKINI.COM: KOLAKA TIMUR – Media Online Sultrakini.com dipercaya sebagai inisiator penyusunan Sistem Perencanaan Pembangunan Berbasis Elektronik, e-Planning dan e-Musrenbang, yang digagas oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kolaka Timur, yang merupakan pertama kali di Sulawesi Tenggara.

Dalam Pelatihan Sistem Perencanaan Pembangunan Berbasis Elektronik, Direktur Utama Sultrakini.com, M Djufri Rachim didampingi Kepala Bappeda Koltim, DR Mustakim Darwis menjelaskan, tantangan digital harus dihadapi pemerintah dalam mewujudkan perencanaan pembangunan yang baik.

“Program e-Planning yang dibuat oleh Bappeda Koltim, belum pernah dipikirkan oleh daerah lain, Koltim sudah jauh lebih maju 20 tahun, sebab kedepan sistem digital akan merajai semua lini termasuk pemerintahan,” ujar Djufri Rachim yang berpengalaman puluhan tahun di media lokal Sulawesi Tenggara.

yamaha

Menurutnya, sistem digital menjadi solusi dalam mengefektifkan perencanaan pembangunan. Termasuk penyebaran informasi pembangunan yang mulai ekspansi ke sistem online.

Dalam pelatihan hadir seluruh perwakilan SKPD yang terdiri dari tenaga perencana dari tiap dinas. “Yang ikut pelatihan ini saja disertifikasi, sehingga merekalah yang bertanggung jawab untuk menyusun perencanaan,” ujar Kepala Bappeda Koltim, Mustakim Darwis menegaskan.

Editor: Gugus Suryaman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.