SULTRAKINI.COM: KENDARI - Seleksi tertulis calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) serentak dilakukan sejumlah kabupaten/kota. Misalnya Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Buton, Wakatobi, Muna dan Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, Senin (23/10/2017).

Tes Tertulis Rekrutmen PPK Dilaksanakan, KPU: 5 Orang Per Kecamatan
Pelaksanaan ujian tertulis calon anggota PPK Kabupaten Buton, Sultra. (Foto: La Ode Ali/SULTRAKINI.COM)

Kabupaten Konsel diikuti 328 orang yang berlangsung di gedung Olahraga Kecamatan Andoolo. Sebelumnya pendaftar terdata 292 orang, tetapi seiring dilakukannya seleksi administrasi, menyisahkan 328 orang yang tersebar di 22 kecamatan.

"Pelamar PPK yang tidak lolos ini karena kelengkapan berkas yang kurang dan ada juga yang memakai keterangan berbadan sehat yang sudah kadaluarsa," kata Ketua KPUD Konsel, Herman.

Sebanyak 100 soal dari KPUD Sultra diujikan kepada para peserta dengan model pilihan ganda. Pengerjaan soal juga mendapat pengawasan dari Panwaslu setempat.

"Yang mengikuti tahun ini tersebar di 22 kecamatan, dan masing masing kecamatan akan di ambil lima terbaik," kata Herman

Pelaksanaan tes tertulis rekrutmen anggota PPK di Kabupaten Konawe Selatan, Sultra. (Foto: Adryan Lusa/SULTRAKINI.COM)

Sementara itu, pelaksanaan ujian tertulis rekrutmen PPK di Kabupaten Buton diikuti 94 orang dari total peserta 108 orang yang dinyatakan lulus administrasi. "Yang ikut ini cuman 94 orang, yang 14 orangnya kita tidak tahu keterangannya," jelas Komisioner KPUD Buton, La Ampera saat dikonfirmasi usai tes tertulis yang berlangsung di Kecamatan Pasarwajo.

Peserta yang tidak mengikuti tes ini berasal dari tujuh kecamatan se-Kabupaten Buton, diantaranya dua orang Kecamatan Kapontori, tiga orang Pasarwajo, dua orang Lasalimu, empat orang Siotapina, dan masing-masing satu orang dari Kecamatan Wabula, Wolowa, dan Lasalimu Selatan.

Meski demikian, pihaknya tetap melakukan perekrutan sesuai Peraturan KPU RI Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018 dengan menetapkan lima orang untuk ditempatkan di setiap kecamatan di wilayah tersebut.

"Setiap kecamatan yang direkrut untuk mengikuti tes wawancara sebanyak 10 orang. Dan nantinya yang terpakai atau terpilih untuk di SK kan menjadi anggota PPK secara definitif sebanyak lima orang," jelas La Ampera.

Pelaksanaan tes tertulis juga terselenggara di Kabupaten Wakatobi. Peserta ujian diikuti 67 orang. Seperti halnya di Buton, wilayah ini terdata tujuh orang dari total peserta lolos administrasi tidak mengikuti tes tertulis.

Menurut Koordinator Devisi SDM dan Parmas, KPUD Wakatobi, Asinuru, awalnya terdapat 73 orang dinyatakan lolos administrasi. Namun dalam pelaksanaannya, enam orang diantaranya tidak menghadiri pelaksanaan ujian dengan alasan yang tidak jelas.

"Secara otomatis dinyatakan gugur," kata Asinuru di aula Kecamatan Wangi-wangi.

Pemusnahan soal usai pelaksanaan tes tertulis di Kabupaten Wakatobi, Sultra. (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

Untuk Kabupaten Muna tujuh orang tidak mengikuti tes tertulis rekrutmen PPK dari total 392 orang. Lokasi pelaksanaan tes menggunakan gedung SMPN 3 Raha.

Ketua KPUD Muna, Laode Muh. Amin mengungkapkan sebanyak 110 kursi akan diperebutkan para peserta sebagai anggota PPK di pemilihan kepala daerah 2018 mendatang. Sehingga diharapkan, peserta yang terpilih emiliki ilmu kepemiluan untuk menunjangnya melaksanakan tugas di lapangan.

Tes tertulis tersebut, dipastikan tidak ada bocoran soal oleh KPUD Muna, sebab penerimaan soal diperoleh di hari pelaksanaan tes. Nantinya lembaran jawaban peserta diperiksa oleh tim khusus pihaknya dibawa naungan KPUD Sultra.

"Insya Allah tidak bocor, karena baru hari ini kita menerima soal dari KPU provinsi. Masih tersegel kemudian dibuka bersama dan disiksasikan semua pihak," jelas Amin disela-sela pelaksanaan tes tertulis calon PPK.

Dia juga menekankan tidak ada titipan selama proses perekrutan itu. "Kita akan gali mereka yang mempunyai integritas dan itu kita seleksi dengan ketat. Tidak ada titipan-titipan. Saatnya menghargai yang memiliki ilmu kepemiluan," ucap Amin.

Salah satu ruang kelas yang digunakan sejumlah peserta calon PPK saat mengikuti tes tertulis di Kabupaten Muna, Sultra. (Foto: Arto Rasyid/SULTRAKINI.COM)

Sedangkan Kota Kendari diikuti 166 peserta yang nantinya yang melewati seluruh tahapan seleksi untuk mengisi 50 tempat yang terbagi di sepuluh kecamatan.

(Baca: 166 Peserta Berebut 50 Slot PPK Kendari, Masyarakat Diminta Terlibat)

Pengumunan tes tertulis dilakukan pada 24 Oktober mendatang.

Selanjutnya, peserta akan melewati tahapan seleksi berikutnya, yakni tes wawancara pada 30 Oktober-4 November 2017. Untuk wilayah Buton tes wawancara berlangsung dari 30 Oktober-3 November, serta pengumuman pada 4 November mendatang.


Laporan: Adryan Lusa, La Ode Ali, Amran Mustar Ode, dan Arto Rasyid

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations