SUARA

Uang Pecahan Rp 75 Ribu Resmi Diluncurkan, Kenali Filosofinya

SULTRAKINI.COM: Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia resmi diluncurkan oleh Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani secara virtual, Senin 17 Agustus 2020.

Diluncurkannya uang pecahan Rp 75 ribu dimaksudkan sebagai momen mensyukuri kemerdekaan RI walaupun masih di tengah pandemi Covid-19.

“Tema besar dalam desain uang peringatan 75 Tahun Kemerdekaan RI, yakni mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebinekaan, dan menyongsong masa depan gemilang,” ucap Gubernur BI, Peri Warjiyo.

Sementara Menteri Sri Mulyani mengatakan, uang kertas pecahan Rp 75 ribu tersebut dicetak sebanyak Rp 75 juta. Di dalam uang tersebut ditandatangani Menteri Keuangan RI selaku perwakilan pemerintah dan gubernur BI.

Peluncurannya sendiri ditandai dengan scan tangan virtual oleh Sri Mulyani dan Perry Warjio.

Sri Mulyani menerangkan, uang tersebut diluncurkan bukan untuk peredaran secara bebas dan tersedia di masyarakat. Tetapi untuk memperingati HUT RI ke-75.

“Di dalam mata uang 75 ribu digambarkan dengan peristiwa pengibaran bendera pada saat kemerdekaan RI 17 Agustus 1945,” jelasnya.

Filosofi Rp 75 ribu

Tidak sebatas uang kertas, uang pecahan Rp 75 ribu juga memiliki filosofi.

Pertama, mensyukuri kemerdekaan digambarkan dengan peristiwa pengibaran bendera pada saat proklamasi kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945, gambar Proklamator Dr. (H.C.) Ir. Soekarno dan Dr. (H.C.) Drs. Mohammad Hatta, serta gunungan yang memiliki filosofi pembuka dan permulaan lembaran baru.

Kedua, memperteguh kebinekaan digambarkan dengan anak Indonesia menggunakan pakaian adat yang mewakili daerah barat, tengah, dan timur NKRI, serta beragam kain motif kain nusantara, yaitu tenun Gringsing Bali, batik kawung Jawa, dan songket Sumatera Selatan yang menggambarkan kebaikan, keanggunan, dan kesucian.

Ketiga, menyongsong masa depan gemilang digambarkan dengan satelit merah putih sebagai jembatan komunikasi NKRI, peta Indonesia Emas pada bola dunia yang melambangkan peran strategis Indonesia dalam kancaglobal, serta anak Indonesia yang digambarkan sebagai SDM unggul di era Indonesia Maju.

Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia diluncurkan, Senin (17/8/2020). (Foto: Ist)

Cara mengenali ciri-ciri uang peringatan kemerdekaan 75 Tahun RI, bagian muka;

yamaha

Pertama, gambar utama Pahlawan Nasional Dr. (H.C.) Ir. Soekarno – Dr. (H.C.) Drs. Mohammad Hatta;

Kedua, gambar bunga Anggrek Bulan yang di dalamnya berisi logo Bank Indonesia yang akan berubah warna dan memiliki efek gerak dinamis apabila dilihat dari sudut pandang berbeda;

Ketiga, hasil cetak yang akan terasa kasar apabila diraba pada bagian gambar utama pahlawan dan tulisan nominal tujuh puluh lima ribu rupiah pada sisi muka uang;

Keempat, tanda air berupa gambar Pahlawan Nasional Dr. (H.C.) Ir. Soekarno dan Dr. (H.C.) Drs. Mohammad Hatta, serta electrotype berupa angka “75” yang dapat diterawang;

Kelima, gambar saling isi (rectoverso) dari logo Bank Indonesia yang dapat dilihat secara utuh apabila diterawangkan ke arah cahaya;

Keenam, hasil cetak yang memendar dalam satu atau beberapa warna apabila dilihat dengan sinar ultraviolet berupa gambar pengibaran bendera pada peristiwa Proklamasi 17 Agustus 1945; gambar motif songket yang berasal dari daerah Sumatera Selatan; dan jembatan Youtefa Papua.

Sedangkan bagian belakang;

Pertama, gambar anak Indonesia menggunakan pakaian adat daerah;

Kedua, nomor seri yang meliputi 3 (tiga) huruf dan 6 (enam) angka;

Ketiga, hasil cetak yang terasa kasar apabila diraba.

Keempat, gambar yang terlihat apabila keara cahay berupa gambar Pahlawan Nasional Dr. (H.C.) Ir. Soekarno dan Dr. (H.C.) Drs. Mohammad Hatta serta electrotype berupa angka “75” yang dapat diterawang;

Kelima, hasil cetak yang memendar dalam satu atau beberapa warna apabila dilihat dengan sinar ultraviolet berupa gambar motif tenun Gringsing yang berasal dari Bali, angka “75000”, angka “75”, bidang persegi empat yang berisi tulisan “NKRI”; dan nomor seri yang meliputi tiga huruf dan enam angka.

Agar masyarakat dapat mengenali ciri-ciri keaslian uang peringatan kemerdekaan 75 Tahun RI, Bank Indonesia menyediakan media komunikasi dan edukasi kepada masyarakat melalui poster serta informasi yang dapat diunduh di laman Bank Indonesia atau melalui tautan https://pintar.bi.go.id. (C)

Laporan: Wa Rifin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.