SULTRAKINI.COM: KONAWE - Untuk membangkitkan semangat bergotong-royong, petani di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara menghelat lomba menangkap tikus di sawah. Lomba tersebut bakal berlangsung pada Selasa, 8 Agustus 2017.
Unik, Petani di Konawe Helat Lomba Tangkap Tikus
Salah satu baliho lomba menangkap tikus yang terpajang di Desa Puday, Kecamatan Wonggeduku Barat, Kabupaten Konawe, Sultra. (Foto: Mas Jaya/SULTRAKINI.COM)

Salah Satu Panitia Lomba, Aswan kepada SultraKini.Com mengungkapkan lomba tangkap tikus tersebut terselenggara atas kerja sama Dinas Pertanian Konawe dan Kelompok Tani. Kegiatan ini kata dia, bakal belangsung di Kompleks Persawahan Desa Puday, Kecamatan Wonggeduku Barat. Acaranya akan dimulai pukul 07.00 Wita sampai pukul 16.00 Wita.

"Ini adalah inisiatif dari petani yang tergabung dalam kelompok tani Meohai. Kami sufa siapkan area lomba seluas 50 hektar di kompleks persawahan," ujarnya.

Menurut Aswan, kegiatan lomba tangka tikus merupakan yang pertama dilakukan di Konawe. Tujuannya adalah untuk menunjukan semangat gotong-royong di kalangan petani, khususnya dalam rangka memberantas hama tikus.

"Kita ingin semangat ini bisa tertular ke petani-petani lainnya yang ada di Konawe," jelasnya.

Aswan menambahkan, selain menjalin kerja sama dengan Dinas Pertanian Konawe, kegiatan tersebut juga di sponsori Badan Koordinasi Penyuluh Pertanian Sultra, Dialer Honda dan PT Pertani.

"Saya mengajak masyarakat untuk ikut meramaikan acara unik ini," tandasnya.


Laporan: Mas Jaya

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations