Bayi Terlahir Gemuk Karena Mom Minum Es? Inilah Mitos atau Faktanya

  • Bagikan
Ilustrasi (Foto: Halodoc)
Ilustrasi (Foto: Halodoc)

SULTRAKINI.COM: Minum air putih yang cukup selama hamil sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Ibu hamil dianjurkan minum 8-12 gelas air setiap harinya. Jika tidak, ibu hamil berisiko mengalami dehidrasi. Namun bagaimana jadinya jika air yang diminum adalah air es?

Sebagian orang percaya minum es saat hamil berpengaruh buruk pada kesehatan janin.

Terkadang karena rasa bosan dengan air putih biasa, tidak sedikit ibu hamil mengonsumsi air es atau minuman dingin lainnya, seperti susu atau jus yang dicampur es. Apalagi ibu hamil memang lebih mudah kegerahan, sehingga minuman dingin dapat sangat menggoda.

Dilansir dari HaiBunda.com, beredar beberapa mitos seputar pertanyaan bolehkah ibu hamil minum es? Sejumlah kasus hingga mitos terkait hal ini mempunyai penjelasan secara ilmiah atau medis.

Ibu hamil minum es sebabkan sakit perut?

Beberapa perubahan fisik di masa kehamilan membuat pergerakan usus lebih lambat. Jadi, apa pun yang Bunda konsumsi, jika itu menyebabkan respon buruk dalam tubuh sebelum masa kehamilan, maka akan lebih berpotensi buruk saat Bunda hamil.

Namun kabar tentang ibu hamil minum es menyebabkan sakit perut ternyata mitos belaka. Memang ada respon terhadap makanan dingin dan panas yang ekstrem di mulut Bunda, dengan semua area sensorik yang bekerja dengan sangat baik. Namun, apa yang masuk ke mulut Bunda akan diencerkan di sepanjang kerongkongan menuju perut, sehingga tidak akan ada rasa sakit.

Bunda mungkin akan merasa sakit perut jika terlalu banyak minum soda. Perlu diingat bahwa kebanyakan minum soda juga bisa membuat sakit perut meski tidak sedang hamil.

Baca:   Pola Tidur Si Kecil Tidak Teratur? Ini Jadwal Tidur 2 3 4 yang Mom Perlu Ketahui

Ibu hamil minum es sebabkan bayi mengembang

Di Indonesia, turun-temurun muncul pertanyaan, bolehkah ibu hamil minum es? Ini terkait kabar bahwa jika ibu hamil minum es, maka akan membuat janin mengembang. Bunda yang membaca ini juga pernah dengar kabar itu kan?

Faktanya, ibu hamil minum es sebabkan bayi mengembang ternyata juga hanya mitos. Jawaban dari pertanyaan bolehkah ibu hamil minum es, tentunya: boleh! Jika hanya air dingin, misalnya seperti air putih dingin saja, tak akan menjadi masalah, karena air putih dingin tidak mengandung kalori.

Ibu hamil minum es sebabkan air ketuban dingin

Mungkin Bunda juga pernah mendengar orang bilang bahwa minum es saat sedang hamil, maka air ketuban akan ikut dingin.

Selengkapnya

Laporan: Nur Fadhilah
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan